Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Agen Minyak Tanah di Tidore Dipaksa Bentuk Ranting Partai Garuda

H. Awat Hi. Amat (kiri) dan Mahfud A. Rahman (kanan) (Nita/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Salah satu agen pangkalan minyak tanah di Kecamatan Oba Tengah, Tidore Kepulauan mengaku, pernah dipaksa untuk merekrut puluhan anggota bagi salah satu partai politik.

Agen tersebut bernama Mahfud A. Rahman. Selain seorang agen minyak tanah, ia juga merupakan Kepala Desa Akesahi yang aktif sampai saat ini.

Mahfud bersama istrinya mengaku, pernah diminta untuk merekrut anggota pengurus ranting Partai Garuda beberapa waktu lalu.

“Awalnya kita juga tidak tahu apa ini tim atau apa, mereka datang ke rumah dan bertemu istri saya. Waktu itu, mereka menyuruh saya pasang bendera, baliho dan papan nama, hanya saya pikir itu bendera pangkalan minya tanah, tetapi mereka datang mengatasnamakan H. Awat yang juga Ketua DPC Partai Garuda Tikep,” ungkap Mahfud, Jumat 10 November 2023.

Mahfud menceritakan, saat itu, ia dan istrinya diminta mengisi beberapa formulir yang dibawa oleh pengurus ranting. Waktu itu, Mahfud menolak lantaran kapasitasnya sebagai kades.

“Saya sampaikan bahwa saya kades jadi tidak bisa. Dan mereka meminta saya mencari anggota dari keluarga saja. Dari situ, saya merasa aneh dan tidak nyaman dengan mereka yang datang di rumah,” terangnya.

Mahfud bilang, waktu tim mendatangi rumahnya, ia sempat marah lantaran merasa tidak pantas atas tawaran parpol tersebut. Apalagi, ia sendiri sebagai kepala desa yang bisa saja muncul penilaian tidak baik dari warganya.

“Saya bilang ke mereka, kalau kalian pakai cara-cara begini atau mau memutuskan pangkalan saya, ya silakan saja ketimbang saya harus mengisi formulir pengurus ranting,” bebernya.

“Yang jelas itu Partai Garuda,” sambungnya.