Jumat, 24 Mei 2024

Tak Peduli Olahraga, Wali Kota Didesak Copot Kadispora Ternate

Sutopo Abdullah (Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ternate, mendesak Wali Kota M Tauhid Soleman segera mencopot Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sutopo Abdullah.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Umum KONI Kota Ternate, Faujan A. Pinang, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Sutopo Abdullah dinilai tidak pantas lagi menjabat sebagai Kadispora Kota Ternate, karena kepeduliannya terhadap olahraga dianggap tidak ada.

Selain itu, komunikasi Sutopo sebagai kadis dengan pemangku kepentingan dibidang olahraga, maupun organisasi kepemudaan sangat buruk.

Faujan mengungkapkan, ketidakpedulian Sutopo terlihat saat pembahasan anggaran hibah KONI Kota Ternate tahun 2023 ke TAPD, sama sekali tidak diusulkan.

“Ini akibat kesalahan Kadispora, bukan kesalahan stakeholder lain atau KONI. Sebab KONI telah mengusulkan dana hibah tahun 2023 di akhir tahun 2022 lalu, tapi kemudian Kadispora yang sengaja tidak mengakomodir usulan tersebut,” ungkap Faujan.

Faujan pula membantah alasan Sutopo yang mengaku, jika KONI tidak mengusulkan anggaran hibah tersebut ke Dispora. Sebab, lanjut Faujan, mantan Ketua KONI sebelumnya justru telah menyampaikan usulan anggaran tersebut.

“Jadi saudara Sutopo jangan mencuci tangan dengan mengorbankan atau menuduh ketua KONI sebelumnya yang salah, karena tidak mengusulkan hibah KONI. Jadi perlu saya tegaskan ulang bahwa Ketua KONI sebelumnya telah mengusulkan dana hibah KONI tahun 2023, tapi Sutopo yang sengaja menolak usulan itu karena berpikir masa transisi KONI,” tegas Faujan.

Meski begitu, Faujan mengaku, dirinya telah berkoordinasi dengan ketua dan pengurus KONI sebelumnya, sehingga apa yang disampaikan Kadispora selama ini dianggap pembohongan publik.

Baca halaman selanjutnya…