Kamis, 13 Juni 2024

Sejumlah Perabotan Pusat Kuliner di Ternate Dicuri OTK

Pusat kuliner di Kelurahan Makassar Timur, Ternate (Chanox/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sejumlah perabotan berupa satu set kursi dan meja serta 15 balon lampu di pusat kuliner Kelurahan Makassar Timur, Kota Ternate, Maluku Utara diduga telah dicuri orang tak dikenal.

Belasan balon lampu itu, yang sudah terpasang di lokasi anjungan.

Tak hanya itu, pintu dan lampu di dalam toilet serta keran air pun rusak.

Hal ini dibenarkan oleh PPK atau penanggung jawab proyek dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Utara, Asiwati Sanaki, Kamis, 08 Juni 2023.

Kata Asiwati, peristiwa pencurian di lokasi proyek itu sudah terjadi berulang kali, bahkan para tukang yang bekerja di sana, sempat kehilangan handphone.

“Bukan cuman sekali ini, jadi saat pelaksaan itu sudah 9 HP (Handphone) tukang itu hilang, pencurian hp milik tukang itu sudah terjadi sejak tahun lalu, atau pekerjaan tahap pertama. Kemudian lampu di dalam bangunan, ini kejadian waktu pelaksaan pertama tahun kemarin,” terang Asiwati

Ia bilang, kejadian serupa juga terjadi di tahun ini. Barang yang hilang yakni satu pasang kursi dan meja yang terbuat dari kayu kelas satu.

“Jadi kursi dan meja yang dicuri itu siap dipasang, yang lain sudah pasang. Ada juga yang belum dipasang dan dikumpul di dalam gudang, itu yang hilang satu set, terdiri dari 4 kursi dan 1 meja,” ucapnya.

Padahal kawasan itu belum diresmikan, namun pihak pekerja sudah menutup area tersebut dengan menggunakan seng.

“Torang (kami) tidak bisa bendung orang masuk, tong (kami) tutup pagar dong (pencuri) hancurkan itu seng. Tutup samua rapat dong (pencuri) bisa lewat di sisi selatan, atau lewat laut,” akunya.

Bahkan, kata dia, setiap malam, sering kedapatan orang-orang melakukan aktivitas mancing di lokasi proyek.

Lokasi itu pula, sering dijadikan sebagai tempat konsumsi minuman keras (miras) oleh orang-orang tak dikenal.

Menurutnya, jika disebutkan secara rinci, banyak barang-barang yang hilang, namun dia enggan menyebut rincian tersebut.

Meski begitu, peristiwa pencurian itu tidak dilaporkan ke kepolisian, lantaran pihak pelaksana lapangan, tidak mau masalah tersebut menghambat durasi pekerjaan anjungan.

Olehnya itu, sebagai langkah alternatif, dirinya telah menyurat ke tim pokja agar meningkatkan pengamanan di lokasi proyek. (*)