Minggu, 14 Juli 2024

Pemkot Ternate Bakal Merelokasi Pedagang di Belakang Jatiland Mall

Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman didampingi Plt Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly saat meminjau belakang Jatiland Mall beberapa waktu lalu | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, MALUT KAIDAH – Pemerintah Kota Ternate bakal merelokasi sejumlah pedagang di sepanjang trotoar di belakang Jatiland Mall. Pemerintah akan menjadikan tempat itu sebagai Pusat Kawasan Kuliner dengan konstruksi yang lebih modern.

“Para pedang itu akan dipindahkan ke Kawasan Mangga Dua Pantai,” kata Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, Kamis, 19 Agustus 2021.

Kepala Bappelitbangda mengatakan, penataan kawasan yang terkesan terlihat kumuh itu, merupakan tindaklanjut dari hasil kunjungan Wakil Wali kota Ternate, Jasri Usman, beberapa waktu lalu.

Ia bilang, pengembangan kawasan tersebut akan dianggarkan dalam APBD Induk 2022 mendatang.

Rizal menjelaskan, penataan kawasan itu tidak menggangu tata ruang yang sudah ada sebelumnya, bahkan fungsinya juga tetap, hanya saja struktur bangunan yang nantinya diubah dengan konsep dua lantai, berdasarkan usulan Wakil Wali Kota.

“Fungsinya tetap tanpa mengurangi nilai estetika. Misalnya di lantai II ditempati para pelaku UMKM, sementara pedagang yang berjualan di sepanjang trotoar, akan kita pindahkan ke Mangga Dua,” ungkapnya.

Pemerintah juga akan menyiapkan sarana dan prasarana, semacam anjungan di atas laut, sehingga para pengunjung dapat menikmati view yang lebih bagus.

“Ke depan, kita akan mendorong penataan wilayah di bagian selatan, mulai dari Mangga Dua hingga Jambula, yang akan ditetapkan sebagai pusat kawasan ekonomi,” ujarnya.

Tetapi, kata dia, penataan kawasan itu tidak bisa dilakukan dengan serta merta, karena semuanya berkonsekwensi pada anggaran yang besar.

“Jadi harus dilakukan secara bertahap,” tandasnya. *