Jumat, 12 Juli 2024

Wapres RI Dijadwalkan ke Malut, Sekda Ternate: Rapat Kesiapan Dimatangkan

Rapat kesiapan kunker Wapres RI di Maluku Utara (Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate menghadiri rapat persiapan kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin ke Maluku Utara.

Rapat berlangsung di Makorem 152/Baabullah Ternate, Selasa, 02 Mei 2023 bersama Danrem, Kapolda Maluku Utara, Danlanal, Kapolres Ternate, Dandim 1501 Ternate.

Wapres dijadwalkan tiba di Bandara Baabullah Ternate pada Rabu, 10 Mei 2023.

Orang nomor dua di Indonesia itu, akan melakukan beberapa kegiatan penting di Kota Tidore Kepulauan dan Ternate.

Kunjungan Wapres ke Maluku Utara, yakni mendorong percepatan jalur rempah nusantara sebagai warisan dunia oleh Unesco Tahun 2024.

Kota Ternate dan Kota Tidore, sebagai merupakan titik nol atau epicentrum peradaban dunia terkait warisan.

“Saya memperoleh jadwal ini karena kemarin saya diundang oleh Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan Setwapres, yakni Bapak Velix Wanggai di Istana Presiden tanggal 30 April,” kata Jusuf usai rapat.

Olehnya itu, menindaklanjuti hal tersebut unsur Forkopimda bersama Pemkot Ternate sekaligus tim Setwapres melakukan rapat.

“Yang memimpin rapat Karo Protokol Bapak Erik Griwintara, Bapak Danrem 152 Babullah dan Danlanal, Kapolres serta Dandim 1501/Ternate,” terang dia.

Rapat dihelat selama 2 hari. Pada Rabu, 03 Mei 2023 rapat terpadu dilakukan bersama Pemprov Maluku Utara, Pemkot Ternate dan Pemkot Tikep yang berlangsung di Kediaman Gubernur.

“Tadi itu membahas agenda dan hal-hal lain bersama instansi vertikal di Maluku Utara,” tambahnya.

Ia bilang, pertemuan tersebut sebagai langkah koordinasi terkait pemantapan agenda kunjungan kerja Wapres.

“Kita juga sekaligus mematangkan kesiapannya. Karena nanti akan dirapatkan bersama dengan tim Setwapres dan Paspampres terkait pengamanan VVIP,” jelas dia.

Mantan Kabag Humas Setda Kota Ternate itu bilang, agenda Wapres pada tanggal 11 Mei 2023 yaitu bertandang ke Kedaton Tidore. Di Kedaton, Wapres akan menerima gelar adat dari Sultan Tidore dan akan mengisi seminar equine.

“Pada 12 Mei pukul 09.20 WIT Wapres akan membuka seminar jalur rempah, untuk memperkuat branding Ternate sebagai Kota Rempah di Gamalama Ball Room Hotel Sahid Bela,” ujarnya.

Setelah itu, Wapres menyempatkan waktu mengunjungi museum rempah di Benteng Oranje.

“Wapres juga dijadwalkan melaksanakan salat Jumat di masjid Almunawar Ternate, setelah itu melanjutkan kunjungannya ke kampus IAIN,” tukasnya. (*)