Jumat, 12 Juli 2024

Masa Kontrak Hampir Habis, RSUD Kota Ternate Diminta Segera Dipindahkan

RSUD Kota Ternate (Foto: Abril/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Masa kontrak bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Ternate, yang terletak di Kelurahan Takoma akan habis di bulan Mei 2023.

Bangunan tersebut, rencananya akan difungsikan bagi Puskesmas Kalumpang yang saat ini kondisinya sudah rusak. Sementara RSUD akan menggunakan bangunan RS Ananda.

Hal ini pun menjadi perhatian DPRD Kota Ternate, sehingga dilakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Selasa, 14 Februari 2023.

Anggota Komisi III, Junaidi A. Bahrudin mengatakan, upaya pemindahan Puskesmas Kalumpang lantaran gedung pusat layanan kesehatan itu mengalami kerusakan.

“Nanti Puskesmas akan dipindahkan ke RSUD Kota Ternate yang berada di Kelurahan Takoma, tepatnya di samping Polres Ternate. Gedung RSUD itu hanya dibayar pakai (sewa),” kata Junaidi.

Politis Demokrat itu menyampaikan terkait dengan proses pemindahan itu, nantinya akan dibangun koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Pemkot Ternate.

“Karena gedung yang dipakai RSUD Kota Ternate itu milik Puskesmas Kota,” cetusnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr. Muhammad Sagaf mengatakan RDP tersebut, memebahas terkait kondisi gedung Puskesmas Kota yang mengalami kerusakan.