Rabu, 24 April 2024

PLN Bangun Alma di Ternate. Pelanggan Hemat 50 Persen

Petugas PLN saat monitoring Anjungan listrik di dermaga pelabuhan fery Bastiong | Foto : Malut Kaidah/Istimewa

TERNATE, MALUT KAIDAH – General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara, mengatakan, pihaknya membangun anjungan listrik mandiri (Alma) di kawasan Pelabuhan Bastiong, Ternate, Maluku Utara.

“PLN membangun Alma itu, untuk mendukung sektor perikanan dan kelautan di wilayah ini,” katanya.

Pembangunan anjungan listrik ini, kata Adams, merupakan yang pertama di wilayah Maluku dan Maluku Utara

Anjungan listrik yang dibangun dengan anggaran Rp165 juta ini sudah rampung, dan siap digunakan bagi para pelaku usaha di bidang perikanan dan kelautan.

“Kami harap kehadiran Alma ini bisa menunjang kegiatan ekonomi khususnya di sektor perikanan dan kelautan, terutama untuk aktivitas di pelabuhan maupun dermaga,” kata Adams Yogasara.

Dia berharap, ara pelaku usaha perikanan dan kelautan, khususnya pemilik kapal/fery, dapat memanfaatkan Alma, karena akan ada penghematan hingga 50 persen dibandingkan menggunakan genset berbahan bakar solar.

“Biaya yang dikeluarkan untuk genset, sekira Rp643.200 per hari. Nah, kalau pakai Alma, bisa menghemat hingga 50 persen atau sekira Rp300-an ribu per hari,” kata Adams.

Ia menambahkan, pembangunan anjungan ini, merupakan bentuk konkret pelaksanaan program Electrifying Marine, yang bertujuan memenuhi kebutuhan listrik bagi pelanggan sektor perikanan dan kelautan..*