Jumat, 24 Mei 2024

Emak-emak Pedagang Serbu Kantor Wali Kota Ternate dengan Sayuran Busuk

Puluhan pedagang datangi Kantor Wali Kota Ternate (30/11) | Foto: Ardian/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Puluhan pedagang bawang rica tomat (Barito) dan buah kelapa muda, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu, 30 November 2022.

Massa aksi yang didominasi ibu-ibu ini, menghamburkan sisa dagangan sayuran busuk dan barito di pintu pagar utama Kantor Wali Kota Ternate.

Aksi tersebut sebagai aksi protes atas rencana relokasi pedagang di sepanjang jalan belakang Jatiland Mall, oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ternate.

Menurut pedagang, mereka tidak menolak rencana relokasi tersebut karena turut mendukung adanya proyek penataan kawasan kuliner. Namun, mereka menuntut agar Disperindag dapat memperjelas tempat jualan baru bagi seluruh pedagang.

Sementara itu, Kepala Disperindag Ternate, Muchlis Djumadil, yang juga datang untuk mendengar langsung aspirasi dan tuntutan pedagang menjelaskan, bahwa relokasi tetap dilaksanakan, tetapi para pedagang di belakang Jatiland Mall diberikan waktu hingga Jumat, 02 Desember 2022 untuk pindah ke dalam pasar Gamalama.