TERNATE, KAIDAH MALUT – Sekretariat DPRD Kota Ternate lakukan sosialisasi Layanan Aspirasi Masyarakat Ternate Andalan (LapornDan), PKN II Angkatan XXV Tahun 2022, Jumat, 04 November 2022.
Layanan Aspirasi Masyarakat Ternate Andalan atau LapornDan
ialah, suatu bentuk inovasi dari Sekretaris DPRD Kota Ternate, Aldhy M guna memperkuat fungsi pengawasan dari Lembaga DPRD.
Selain itu, layanan ini juga yang memberikan akses kepada masyarakat secara langsung, untuk mengusulkan aspirasi maupun melaporkan aduan terkait dengan pelayanan dasar.
“Program inovasi ini tentu sebagai perwujudan visi misi Pemkot Ternate, yakni terciptanya tata kelola pemerintahan yang ekstra aktif dan responsif,” jelas Aldhy saat memberikan sosialisasi di Jarod kafe sore tadi.
Proyek inovasi ini pula, sebagai wujud pelayanan Sekwan Kota Ternate, guna menunjang kerja kerja lembaga DPRD.
Ada beberapa manfaat penting dalam aplikasi LapornDan ini, diantaranya:
- Manfaat bagi Pemerintah Daerah:
• Tingkat kepercayaan terhadap Pemerintah Kota Ternate semakin meningkat, dengan adanya pelayanan yang efektif dan efesien Sektretariat DPRD Kota Ternate sebagai pelayan masyarakat.
• Rentang kendali akan mudah tercapai antara legislatif dan eksekutif. - Manfaat bagi organisasi:
• Hasil evaluasi akan menjadi masukan bagi perencanaan program–progran Sekretariat DPRD selanjutnya.
• Mengubah sistem, pola pikir dan budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai, dengan tujuan dan sasaran reformasi birokrasi.
• Meningkatkan efesiensi dan efektifitas organisasi secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat fungsi dan tepat ukuran.
• Meningkatkan efesiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja.
• Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kerja birokrasi.
• Memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah, lebih mudah dan lebih berkualitas. - Manfaat bagi stakeholder:
• Memperbaiki sistem pelayanan dan peingkatan pelayanan, kepada fungsi pengawasan DPRD. - Manfaat bagi masyarakat:
• Masyarakat semakin memiliki kesadaran dalam menyalurkan aspirasi, bukan lagi dengan cara cara lama.
• Permasalahan masyarakat dapat segera direspon dan diatasi.
• Masyarakat terlibat secara langsung, dalam pengawasan pelayanan dasar
• Masyarakat merasa puas terhadap layanan pemerintah.
Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah wartawan dan perwakilan mahasiswa dari tiap-tiap kampus di Kota Ternate. (*)