Selasa, 28 November 2023

Tahun Ini, Dispar Kota Ternate Fokuskan Benahi Sejumlah Destinasi Wisata

Kawasan wisata Batu Angus Kota Ternate | Foto : Malut Kaidah/Istimewa

TERNATE, MALUT KAIDAH – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, Maluku Utara, berencana melakukan peremajaan pada sejumlah lokasi wisata yang ada di kota itu.

“Beberapa tempat wisata akan ditata kembali, dipercantik lagi, sehingga minat pengunjung lebih meningkat,” kata Kadis Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly, Kamis, 29 Juli 2021.

Ia bilang, tempat-tempat wisata seperti Geo Wisata Batu Angus, Kawasan Danau Tolire Kecil, dan Pantai Kastela, tetap menjadi prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate untuk tahun ini.

“Ini tetap menjadi prioritas kita untuk menggerakan destinasi di bagian Ternate Utara dan Ternate Barat,” jelas Rizal.

Dia mengatakan, rencana itu segera direalisasikan tahun ini. Penataan itu juga, sepaket dengan pemulihan ekonomi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di area wisata tersebut.

“Batu Angus ini, dalam konsep pengembangan destinasi wisata Kota Ternate, justru menjadi prioritas,” ujarnya.

Dinas Pariwisata juga, akan membangun kawasan agro wisata di Kelurahan Loto.

“Lokasinya sudah siap sekira tiga hingga empat hektare,” singkatnya.

Tak hanya itu, Dinas Pariwisata akan membongkar semua lapak yang dianggap kumuh di area Pantai Sulamadaha dan Kawasan Danau Tolire Kecil.

“Akan dibongkar total,” sebut Rizal.

Tetapi, katanya, pihaknya akan membangun lapak baru di Tolire Kecil, sehingga ada suasana baru dan lebih indah daripada yang sebelumnya.

Sedangkan di Pantai Kastela akan ditata kembali, dan dibuat secantik mungkin. Sumber dananya berasal dari dana CSR Pertamina.

“Kemarin kami sudah bertemu dengan pihak Pertamina. Dalam pertemuan itu, kami sepakat bersama-sama dengan Kelompok Sadar Wisata Kastela untuk membenahi pantai tersebut,” tandas Rizal Marsaoly. *

Penulis: Yunita Kadir