Jumat, 12 Juli 2024

H-1 Kedatangan Presiden Jokowi di Ternate, Pemkot Lakukan Persiapan

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat meninjau Pasar Higienis | Foto : Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Jelang kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Ternate, sejumlah persiapan terus dilakukan Pemerintah Kota Ternate.

Kunjungan kerja (kunker) orang nomor satu di NKRI ini, dijadwalkan tiba di Ternate pada Selasa, 27 September 2022.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman bersama sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkot Ternate dan jajarannya pun, turun langsung ke lokasi kegiatan kunker Presiden Jokowi. Di antaranya Pasar Higienis Bahari Berkesan dan Balai Latihan Kerja (BLK) guna memastikan kesiapan lokasi kegiatan Presiden.

Sesuai jadwal, Presiden akan menyerahkan bantuan di BLK, Kelurahan Bastiong dan peninjauan, serta penyerahan bantuan di lokasi Pasar Higienis Bahari Berkesan, Kelurahan Gamalama, pada Rabu, 28 September 2022.

Wali Kota Ternate mengatakan, ada sekitar 700 orang lebih penerima bantuan dari Presiden, dan sasaran penerima bantuan secara langsung ada sekitar kurang lebih 30 orang.

“Lokasinya di Pasar Higienis, dan tidak ada relokasi dan penataan lainnya, karena sesuai permintaan Pak Presiden semuanya berjalan normal atau alami tanpa ada rekayasa,” kata Wali Kota disela-sela peninjauan Pasar Higienis, Senin, 26 September 2022.

Kunker Presiden ke Kota Ternate merupakan agenda nasional, untuk melihat secara dekat bagaimana kondisi ekonomi yang ada di Kota Ternate.

“Pak Presiden akan melihat langsung bagaimana ketersediaan stok kebutuhan pokok, serta keterjangkauan harga dari keadaan ekonomi yang ada di Kota Ternate,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Muchlis Jumadil mengatakan, pihaknya akan mengalihkan parkir kendaraan yang berada di area parkir pasar ke sisi utara dan sebagian di area terminal.

“Lokasi ini akan steril dari kendaraan dan ada pengalihan arus lalulintas, dari utara maupun selatan menuju lokasi pasar,” tutupnya. (*)