Jumat, 12 Juli 2024

Rektor IAIN Ternate Resmi Melepas 4 Peserta KKN-KNMB ke Jayapura

Pelepasan 4 mahasiswa peserta KKN-KNMB yang akan ke Jayapura di ruang kerja Rektor IAIN Ternate | Foto : Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Rektor IAIN Ternate, Radjiman Ismail, secara resmi melepas peserta Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN-KNMB), Selasa, 12 Juli 2022.

Peserta akan melakukan KKN-KNMB di IAIN Fattahul Muluk, Kota Jayapura, Papua mulai tanggal 17 Juli sampai 28 Agustus 2022 mendatang.

KKN Kolabarorasi Nusantara Moderasi Beragama ini, merupakan Program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Ini tidak hanya mengikutsertakan Perguruan Tinggi Islam, akan tetapi melibatkan seluruh Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Agama, seperti STAPEN Sentani dan lain-lainnya.

Pada program KKN Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama ini, IAIN Ternate mengirimkan 4 orang mahasiswa, yakni Alfian R. Irwan dari Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam, Firman La Ode dari Fakultas Syariah Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah, Aldi Alfiansyah dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan Marlianto La Siraju dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syari’ah.

Rektor IAIN Ternate, Radjiman Ismail saat melepas para peserta KKN Kolaborasi Moderasi Beragama mengatakan, para mahasiswa adalah duta IAIN Ternate, karena itu kehadirannya di lokasi KKN harus menjadi contoh, sekaligus dapat membaur dengan masyarakat tempat lokasi KKN yaitu di Jayapura.

“Ade-ade ini adalah mahasiswa pilihan dari sekian ribu mahasiswa IAIN Ternate,” kata Rektor.

Sementara Kepala Biro dalam sambutannya ia berpesan, mahasiswa yang diutus kampus dapat menjaga nama baik IAIN Ternate, ketika di tempat KKN.

Senada dengan Wakil Rektor I IAIN Ternate, Adnan Mahmud, juga mengingatkan, agar para mahasiswa selalu menjaga kekompakan selama di lokasi KKN.

“Ade-ade adalah satu tim, walapun berbeda fakultas dan program studi, karena itu apabila menemukan masalah pada saat di lapangan atau lokasi KKN, jangan saling menyalahkan antara satu dengan yang lain, tapi saling berkoordinasi sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, tanpa ada yang merasa dirugikan,” ujar Warek I yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Maluku Utara.

Turut hadir dalam acara pelepasan mahasiswa KKN Kolaborasi, antara lain Kepala Biro AUAK IAIN Ternate, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga.*