Minggu, 14 Juli 2024

Halalbihalal Moti Kota Sukses Digelar, Sultan Tidore : Momentum Halalbihalal Mempererat Tali Persaudaraan

Suasana halalbihalal di Moti Kota/Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Para sesepuh dan masyarakat Moti Kota, Kota Ternate, Maluku Utara sukses menggelar halalbihalal, Ahad, 08 Mei 2022.

Kegiatan yang berlangsung di areal parkir pelabuhan Moti Kota ini, berjalan dengan lancar dan khidmat.

Tak hanya para sesepuh dan warga setempat, halalbihalal ini juga dihadiri Sultan Tidore, Ustad Said Hamzah sebagai pendakwah hikmah halalbihalal, para tokoh agama, Camat Moti, Kapolsek Moti, dan Babinsa setempat.

Ketua Panitia, Ramli Ismail usai kegiatan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para sesepuh dan keluarga besar Moti Kota. Dimana kata Ramli, suksesnya kegiatan ini merupakan dukungan dari semua pihak.

“Kepada para warga Moti Kota kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga, atas dukungannya sampai acara ini bisa dapat terlaksana,” ungkap Ramli.

Dalam kesempatan yang sama, Sesepuh Moti Kota, Ade Adam Noch juga mengingatkan kebersamaan dan persatuan. Sebab, kata Ade, jika sebuah perbedaan itu dimaknai baik, maka akan menjadi baik.

Apalagi, sambung Ade, sampai saat ini sudah banyak warga di Kelurahan Moti Kota yang merantau keluar daerah, termasuk dirinya.

“Saya itu merantau keluar Moti sejak dari tahun 1972, sehingga ketika panitia menyampaikan kegiatan ini saya menyanggupi untuk datang, guna memberi motivasi dan saling mengingatkan, bahwa kita harus bersatu dan tinggalkan perbedaan-perbedaan untuk membangun negeri, negara dan kampung kita,” ujarnya.

Menurut Ade, tidak ada orang lain yang bisa membangun negerinya kalau itu tidak dilakukan oleh warga sendiri, dan momentum halal bihalal ini untuk memperat hubungan silaturahmi dan kebersamaan.

“Mudah-mudahan acara ini jadi momentum yang baik untuk kita melangkah ke depan, meskipun saat ini Moti punya perkembangan yang pesat jika dibandingkan tahun 1972, tapi yang diperlukan bukan hanya itu melainkan diperlukan pengembangan pikiran dan kesadaran kita dalam beragama,” tegasnya.

Sementara Sultan Tidore, Husain Alting Sjah juga mengingatkan pentingnya silaturahmi dan persatuan. Menurut Sultan, momentum halalbihalal dapat mempererat persaudaraan bagi mereka yang jauh di perantauan dengan keluarga di kampung.

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini juga, Sultan mengisahkan kisah Rasulullah S.A.W dan Nabi Daud, serta memberikan motivasi ke warga Moti Kota.

“Orang yang selalu menjalin tali silaturahim akan dipanjangkan umur dan dimudahkan rezeki,” kata Sultan.

Selain itu, Sultan Tidore juga mengisahkan seorang tentara muda yang sempat kalah dalam pertempuran dan kemudian memenangkan pertempuran berikut kuncinya hanya korps (persatuan).

“Jadi dengan persatuan ini maka kita akan bisa memajukan Moti dan sejajar dengan kecamatan yang lain, yaitu korps, korps dan in the korps,” tandasnya.*