Kamis, 13 Juni 2024

17 Kelurahan di Ternate Bakal Ikut Lomba Semarak Festival Ela-ela

Ilustrasi Festival Ela-ela di Ternate/Foto : Hpost (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H Sabatun mengatakan, sebanyak 17 Kelurahan pada 5 Kecamatan di Kota Ternate, akan mengikuti lomba Semarak Festival Ela-ela pada, Kamis, 28 April 2022.

Sarif menjelaskan, Ela-ela atau menyalakan obor merupakan tradisi di Maluku Utara, biasanya dilaksanakan saat malam ke-27 Ramadan untuk menyambut malam lailatul qadar.

Festival ini, kata dia, digagas dalam rangka menjaga nilai-nilai tradisi adat se atorang. Nantinya, sambung Sarif, akan resmi dibuka oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman yang dimulai dari masjid Kesultanan Ternate, usai salat Magrib

“Dalam Festival Ela-ela ini kita mengangkat tema yakni, Cahaya Ela-ela Diantara Aroma Rempah Ternate Andalan,” tambah Sarif, saat ditemui pada Senin, 25 April 2022.

Lantaran pelaksanaannya hanya berlangsung semalam, maka para juri pun disiapkan di masing-masing Kelurahan untuk mengambil penilaian. Tentunya pula, ada beberapa aspek yang menjadi kriteria dari penilaian.

Sarif menambahkan, panitia telah menyiapkan hadiah berupa trophy bergilir Wali Kota Ternate, beserta bonus uang tunai.

“Untuk juara kita bagi menjadi juara satu, dua dan tiga. Lomba ini gratis bagi Kelurahan yang mendaftar, tapi pendaftarannya sudah ditutup per 25 April 2022,” pungkasnya.*