Minggu, 14 Juli 2024

Wali Kota Ternate Tinjau Lokasi Banjir di Kelurahan Makassar Timur

Wali Kota Ternate saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Makassar Timur dini hari tadi/Foto : Humas Setda Ternate (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meninjau lokasi banjir di Kelurahan Makassar Timur, Kota Ternate, pada Rabu, 30 Maret 2022 sekira pukul 01.00 WIT dini hari tadi.

Berdasarkan data yang dihimpun malut.kaidah.id, sekitar 12 rumah warga yang terletak di lingkungan Lelong, areal masjid Kesultanan dan sebagian area Bambu Kuring terkena banjir dan digenangi lumpur.

Menurut salah satu warga setempat, banjir terjadi lantaran luapan air dan lumpur yang meluap dari drainase akibat hujan deras malam tadi.

Disaat yang sama, Wali Kota langsung menginstruksikan DLH untuk melakukan gerak cepat, penanganan dampak genangan air dan lumpur yang juga sempat masuk ke rumah-rumah warga.

Olehnya itu, Kadis DLH, Tonny Pontoh bersama anggota langsung melakukan pembersihan sampah dilokasi, serta membersihkan genangan air dan lumpur di rumah warga.

Wali Kota juga mengimbau kepada masyarakat Kota Ternate, untuk tetap tenang dan berikhtiar serta kebersihan lingkungan.

Sekadar diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, akan melakukan pendataan dilokasi hari ini. BPBD akan mencatat jumlah rumah yang terdampak banjir, dan jumlah kerugian yang dialami warga setempat.*