Senin, 22 April 2024

Dispar Ternate Bakal Tertibkan Pedagang Musiman di Kawasan Wisata Batu Angus

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Ternate, Imran Basalem/Foto : Nita (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate bakal menertibkan pedagang musiman yang berada di kawasan wisata Batu Angus Kulaba, Ternate Barat.

Sekretaris Dispar, Imran Basalem mengatakan, penertiban akan dilakukan dalam waktu dekat, bahu jalan bisa terlihat rapi. Kata dia, para pedagang yang berjualan buah durian, akan ditata sehingga tidak terlihat semerawut.

Apalagi ini sudah mendekati bulan suci ramadhan, tentu lokasi tersebut harus dibersihkan.

Meski begitu, ia mengaku Dispar masih mentolerir para pedagang musiman yang ada diarea wisata Batu Angus. Menurutnya, ini hanya pedagang musiman sekali dalam setahun.

“Kita masih manusiawilah, kalau suruh pedagang untuk jangan jualan kan kasihan juga. Ini kan pedagang musiman. Tapi nanti kita akan tata kembali agar terlihat rapi. Kan Batu Angus juga sedang dalam proses menjadi geopark nasional jadi kita juga harus jaga Batu Angus,” kata Imran saat ditemui pada Ahad, 27 Maret 2022.

Ia menambahkan, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan untuk melakukan pembersihan.

“Ini kan pedagang musiman dan durian juga buah yang tidak setiap saat berbuah, jadi kalau sudah selesai pasti kita tertibkan karena itu wajib. Kita bersama Dinas Kebersihan akan lakukan pembersihan dan menertibkan lokasi yang akan menjadi geopark nasional ini,” pungkasnya.*