Jumat, 23 Februari 2024

Tidak Memenuhi Syarat, 9 Pelamar Calon Kepsek SMP di Ternate Gugur

Ilustrasi jabatan Kepsek yang kosong/Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani mengatakan, pengumuman hasil pleno dengan tim pertimbangan seleksi Kepala sekolah (Kepsek) tingkat SMP akan dilakukan pada Senin, 28 Maret 2022.

Seleksi terbuka bagi 15 formasi jabatan Kepsek di 15 SMP yang ada di Kota Ternate, Pulau Moti dan Pulau Batang Dua. Seleksi ini diikuti oleh 37 orang pelamar yang terdiri dari Kepsek aktif dan guru.

Muslim bilang, setelah Panitia seleksi (Pansel) melakukan verifikasi, dari 37 pelamar hanya 28 yang lolos dan 9 pelamar lainnya dinyatakan gugur, lantaran administrasi yang belum memenuhi syarat.

“Saya mau tunjukkan bahwa yang dimaksud berkas belum lengkap adalah sertifikat. Guru penggerak, sertifikat penguatan Kepsek dan sertifikat kompetensi lain sesuai bidang guru yang bersangkutan. Kalau usia, ada juga yang usianya sudah melewati syarat seleksi, dengan demikian persyaratan tidak terpenuhi atau belum dinyatakan lolos,” jelas Muslim, Jumat, 25 Maret 2022.

Muslim menuturkan, bagi calon Kepsek yang lolos pada pengumuman Senin mendatang, akan mengikuti tahap berikutnya pada Selasa, 29 Maret 2022 dengan sesi penulisan makalah.

“Kemudian pada hari Kamis dan Jumat itu dilakukan wawancara. Dan tahap terakhir adalah tes yang menggunakan (CAT) Computer Assisted Test,” urainya.

Untuk CAT ditangani Unit Pengelola BKN yang ada di Ternate, sementara untuk waktu pelaksanaannya, lanjut Muslim, belum bisa ditentukan lantaran harus menyurat ke BKN Pusat.

“Setelah dapat persetujuan BKN Pusat, baru Unit Pengelola BKN Ternate itu bisa dilaksanakan pelaksanaan kapan untuk CAT,” pungkasnya.*