Jumat, 23 Februari 2024

Program Segitiga Emas Belum Miliki Masterplan

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly/Foto : Nita (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly menyebutkan, program Segitiga Emas yang digagas pada tiga Kabupaten Kota di Maluku Utara belum memiliki Masterplan.

Diketahui program Segitiga Emas merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Maluku Utara bersama tiga Kabupaten Kota yakni, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate.

“Kita waktu diskusi dengan Bappeda Provinsi Maluku Utara sebenarnya sudah mengarah. Bahwa apa yang diinginkan oleh Provinsi, Segitiga Emas ini juga harus melibatkan teman-teman di Provinisi,” kata Rizal, Kamis, 24 Maret 2022.

Menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata ini, sepantasnya program ini harus diketahui oleh Bappeda Provinsi Maluku Utara. Sehingga, kata dia, apa yang menjadi keunggulan dari 3 Kabupaten Kota ini bisa dikoneksikan.

“Jadi Jailolo, Tidore dan Ternate ini harus diformulasikan dalam forum rencana aksi yang bersinergi juga dan nyata,” cetusnya.

Meski pihak Bappeda Provinsi Maluku Utara sebut belum ada gambaran atau rencana aksi apa yang akan dilakukan nanti, namun untuk tahapannya, Rizal mengaku sudah dibuat.

“Tapi ingat ini belum ada master plannya, tapi Pemerintah Kota Ternate sudah siap untuk itu,” tandas Rizal.*