Rabu, 24 April 2024

Wali Kota Ternate Boyong Sejumlah Kepala OPD Dalam Musrenbang di Kecamatan Batang Dua

Wali Kota Ternate bersama rombongan tiba di Kecamatan Batang Dua | Foto : Diman/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman hari ini, Rabu, 02 Maret 2022 membuka Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Batang Dua.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, Musrenbang Kecamatan Batang Dua sengaja dilakukan berbeda, dengan memerintahkan Camat Batang Dua untuk melakukan Pra Musrenbang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan mengingat jarak dan waktu lokasi kegiatan yang jauh.

“Tiba di Batang Dua kami hanya mengambil apa yang telah disepakati di Pra Musrenbang Kecamatan, sehingga agenda dari Musrenbang ini kami bisa fokus melihat mana hal-hal penting untuk diselesaikan di tahun 2023,” jelas Rizal.

Rizal bilang, ada beberapa agenda penting Musrenbang di Batang Dua dan salah satunya yaitu, komitmen Wali Kota untuk gaduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti).

“Contohnya, penerangan di Batang Dua 1×24 jam, lalu melihat secara langsung kesiapan itu. Bahkan, ada masyarakat rela pohon untuk ditebang untuk jaringan listrik, lalu pembangunan jalan yang rusak masuk di APBD 2022,” terangnya.

Tak hanya Wali Kota, bahkan sejumlah OPD juga ikut diboyong untuk mendampingi Wali Kota selama kegiatan di Batang Dua. Diantaranya, Kepala Bapelitbangda, Kepala Diskomsandi, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Dinkes dan Dukcapil dan perangkat lainnya.

Untuk alokasi anggaran APBD 2022 di Batang Dua, kata Rizal, sebesar Rp9 miliar. Dan dari anggaran tersebut, lanjut dia, ada rehabilitasi kantor Koramil di Mayau, renovasi rumah dinas Koramil sebanyak dua unit yang sudah rusak, pembangunan peningkatan sumur bor dan jaringan pipa di Batang Dua, pergantian jembatan dalam Kota di Mayau, dan perbaikan lainnya.

“Jadi selain menghadiri Musrenbang Kecamatan Batang Dua, Wali Kota juga melakukan kunjungan kerja (Kunker) untuk meresmikan pasar di Mayau, tinjau Puskemas Mayau, Kantor Koramil dan mengecek mesin pembangkit listrik di Mayau,” tutup Rizal.

Sekadar diketahui, kunker Wali Kota Ternate di Kecamatan Batang Dua ini, disambut dengan tarian Soya-Soya oleh siswa-siswi SMP Negeri 8 Kota Ternate. Bahkan, mendapatkan respon yang baik dari warga setempat.*