Rabu, 24 April 2024

Sejak Dilantik, Wawali Kota Ternate Jarang Berkantor

Wawali Kota Ternate, Jasri Usman (Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Memasuki satu tahun masa kepemimpinan di Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Wakil Wali Kota (Wawali), Jasri Usman jarang berkantor.

Sejak dilantik bersama Wali Kota, M. Tauhid Soleman pada 26 April 2021 lalu, Jasri terbilang pejabat yang jarang masuk kantor, tetapi sering melakukan perjalanan dinas ke luar kota.

Amatan media ini, Jasri kembali aktif dan berkantor setelah absen lantaran kunjungan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar ke Maluku Utara pada 28 Januari 2022. Jasri mulai kembali terlihat masuk kantor pada Selasa, 15 Februari 2022 kemudian menghadiri dan membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Ternate Barat di Pantai Sulamadaha pada Kamis, 17 Februari 2022 dan terakhir saat pelantikan puluhan pejabat administrator, pengawas dan Kepala Sekolah pada Jumat, 18 Februari 2022.

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate, Agus Fian Jambak saat dikonfimasi, Rabu, 23 Februari diruang kerjanya mengatakan, jika Wawali sedang dinas luar kota. Meski begitu, Agus mengaku belum mendapatkan informasi terbaru dari Sekretaris pribadi (Sespri) Wawali.

“Pak Wakil masuk kantor kok. Hanya saja biasanya kalau ke luar kota itu sedang dinas,” kata Agus.

Agus mengaku, jika dirinya hanya mengatur kedinasan Wali Kota dan Wawali.

“Jadi kalau Pak Wakil ada perjalanan dinas semisal ke Hiri, Moti atau Batang Dua maka itu difasilitasi oleh Pemkot dalam hal ini bagian umum. Tetapi jika Pak Wakil ada kegiatan keluarga meski masih di wilayah Ternate itu sama sekali tidak difasilitasi oleh Pemkot,” jelas Agus.

Meski begitu, terhitung sejak Senin, 21 Februari hingga Rabu, 23 Februari 2022 (hari ini-red) Jasri Usman terpantau kembali tidak berkantor.

Menurut Agus, ada pembagian-pembagian tugas yang dilakukan oleh Wali Kota dan Wawali. Namun jika ada tugas di luar kedinasan itu memang tidak diberitahukan ke bagian humas.

“Alhamdulilah tugas-tugas Pak Wakil dilaksanakan kalau ada tugas di luar kedinasan memang tidak disampaikan ke kami. Tapi kalau ada kegiatan dinas pasti saya diberitahukan. Kalau untuk 3 hari tidak hadir memang iya, dan saya juga belum dapat info dari Sespri Wawali,” tandasnya.

Sementara itu, Wawali Kota Ternate, Jasri Usman saat dikonfirmasi via telepon sama sekali tidak merespon.*