Minggu, 14 Juli 2024

Ikram dan Faris Bobero Terpilih Pimpin AJI Kota Ternate Periode 2022-2025

Foto : Ketua AJI Kota Ternate, Ikram (kiri), Ketua AJI Nasional, Sasmito Madrim (tengah) dan Sekretaris AJI Kota Ternate, Faris Bobero (kanan) | Istimewa/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Ikram Salim dan Faris Bobero akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua dan sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate periode 2022-2025.

Pemred malutpost.id dan CEO cermat partner resmi kumparan itu, terpilih dalam Konferensi Kota ke 3 AJI Kota Ternate, yang diselenggarakan di Coffee SLB, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu, 05 Februari 2022.

Dalam Konferta ke-3 itu, juga dihadiri Ketua AJI Nasional Sasmito Madrim, Majelis Etik AJI Kota Ternate Herman Oesman, Pendiri AJI Kota Ternate Mahmud Ici, pengurus AJI Kota Ternate, para jurnalis di Kota Ternate, dan sejumlah mahasiswa dari pers kampus.

Sasmito mengatakan, para anggota AJI Kota mempunyai modal jiwa kerelawananan sebab, apa yang dikerjakan AJI adalah bagian dari kerja-kerja relawan.

selain itu, ruh AJI juga ada di advokasi masalah-masalah kekerasan jurnalis dan kemanusiaan.

“Ruh AJI Ada di advokasi. Perkuat internal organisasi. Jangan biarkan ketua dan sekretaris terpilih jalan sendiri. Semua harus sama-sama,” ujar Sasmito.

Sasmito menambahkan, saat ini AJI memang terus menjajaki teman-teman pers kampus. Sebab, katanya, regenerasi untuk terus menjaga profesi dan jurnalisme.

Sementara itu, Mahmud Ici, sebagai Ketua AJI Kota Ternate pertama menambahkan, ini menjadi bagian dari bagaimana AJI mengawal proses demokrasi dan pembangunan di Maluku Utara.

“Ketika AJI melakukannya tugas-tugas dan menjaga Tri Panji AJI soal profesionalisme, bagian dari menjaga demokrasi dan pembangunan,” ujarnya.

Di tengah era digital ini, kata Mahmud Ici, jurnalis dan khususnya anggota AJI Ternate terus meningkatkan profesinalisme dan menguatkan jejaring dengan teman-teman media dan organisasi profesi.

Ikram Salim, Ketua AJI Kota Ternate terpilih mengatakan, AJI Nasional pada periode ini betul-betul memerhatikan pengurus AJI Kota. Hal itu dibuktikan dengan kedatangan Ketua Sasmito.

Sedangkan Faris Bobero, selaku Sekretaris AJI Kota Ternate tepilih mengatakan, ia siap mendampingi Ikram Salim sebagai ketua untuk menjalankan roda organisasi.

“Saat ini, dalam waktu dekat, kita akan menguatkan konsolidasi di AJI Ternate, melakukan rekrutmen anggota AJI Ternate, dan tentu saja, kami akan menyasar teman-teman pers kampus,” kata Faris.*