Minggu, 14 Juli 2024

Sehari Dua, Wali Kota Ternate Akan Melantik 7 Pejabat Eselon II, Kapus dan Kepsek

Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly (Fitriyanti/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, dalam waktu dekat Wali Kota Ternate akan melantik tujuh pejabat eselon II dan Kepala Puskesmas dan Kepala sekolah yang ada di Kota Ternate.

“Ia benar, sehari dua akan ada pelantikan 7 OPD yang dilelang, juga sudah termasuk Kepala Puskesmas (Kapus) dan Kepala sekolah (Kepsek) yang ada di Kota Ternate, baik tingkat PAUD, SD dan SMP,” kata Samin saat ditemui, Rabu, 2 Februari 2022.

Ketujuh OPD yang dilelang jabatan, kata Samin, sudah terisi dan sisa menunggu pelantikan. Begitu juga dengan 11 Kapus yang sudah termasuk dengan daerah terluar Kota Ternate dan puluhan Kepsek.

“Untuk Kapus memang yang bisa menguasai bidang kesehatan. Dan diutamakan yang manajerial, karena kedepan Puskesmas itu harus bisa mandiri dan membiayai sendiri, kemudian juga bisa mencari anggaran tentu bisa mengatur manajemen sendiri,” terangnya.

Untuk Kepsek, Samin bilang, dibutuhkan guru penggerak dan memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Sebab, kedepannya semua guru-guru yang ada di Kota Ternate akan menjadi guru penggerak, karena itu salah satu syarat menjadi Kepsek.

“Kita sudah mengantongi semua nama-nama, baik dari Dinas Kesehatan maupun Dinas Pendidikan. Dan ini sisa kami laporkan ke Pak Wali Kota dan menunggu waktu yang tepat segera dilantik,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk Sekretaris Dewan (Sekwan) sisa menunggu rekomendasi dari Ketua DPRD.

“Kita sisa menunggu rekomendasi dari Pimpinan saja, karena hasil dari tim pansel sudah diserahkan ke Wali Kota, dan Pak Wali juga sudah meneruskan dan meminta kepada pihak DPRD untuk pelantikan Sekwan bisa berbarengan dengan OPD lainnya, karena ketujuh OPD ini hasil lelang tahun kemarin,” tutupnya.*