Senin, 22 April 2024

Jaringan Internet So Maso di Hiri

Wali Kota Ternate saat sambutan di Pulau Hiri | Foto : Humas Setda/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman didampingi General Manager (GM) Telkom wilayah Sulawesi Utara-Maluku Utara, Lonely Baringin, meresmikan koneksi akses indihome yang berpusat di Kelurahan Tafraka, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyampaikan, salah satu janji kampanye Tauhid-Jasri saat itu, memberikan akses yang sama untuk tiga pulau terluar. Kehadiran indihome di Kecamatan Pulau Hiri, adalah komitmen Tauhid-Jasri dalam memberikan rasa keadilan terhadap warga di pulau terluar Kota Ternate.

Menurut Wali Kota, jumlah penduduk Kota Ternate sebanyak 205 ribu jiwa, populasi di Pulau Ternate yakni, sebanyak 80 persen. Sementara sisanya tersebar di Pulau Hiri, Moti dan Batang Dua. Dan warga juga membutuhkan teknologi informasi maka jaringan indihome diresmikan.

“Itu artinya, komitmen saya dan pak Jasri untuk membangun Pulau Hiri, Moti dan Batang Dua, tidak perlu diragukan lagi. Komitmen kami, terus mengejar ketertinggalan dari tiga pulau ini, yang menjadi pulau pendukung utama Kota Ternate,” kata Tauhid usai peresmian, Kamis, 18 November 2021.

Lanjut dia, salah satu yang menjadi fokus pembangunan adalah sarana komunikasi dan akses informasi, pada tiga pulau terluar tersebut.

“Dan hari ini, masyarakat Hiri sudah dapat menggunakan indihome dengan kualitas fiber optic yang tentu memiliki kelebihan-kelebihan dalam berinternet,” ujarnya.

Tauhid juga meminta kepada seluruh warga Pulau Hiri pengguna internet untuk menggunakan layanan internet secara bijak.

“Manfaatkan layanan ini secara bijak, jadikan internet sebagai bahan informasi, edukasi dan hal-hal positif agar dapat meningkatkan pengetahuan,” pesannya.

Tak hanya itu, ia juga meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga seluruh fasilitas pendukung indihome di Pulau Hiri, agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

GM Telkom Wilayah Sulut – Malut, Lonely Baringin mengatakan, peresmian indihome di Kecamatan Pulau Hiri merupakan bentuk dukungan PT. Telkom kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate untuk membangun tiga pulau terluar, sebagaimana visi misi Ternate Andalan.

Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui Wali Kota, direspon oleh PT. Telkom dengan manghadirkan layanan akses internet indihome di pulau terluar Ternate.

“Senang dan bangga bisa menjadi bagian untuk membangun konektivitas melalui indihome, saya menyampaikan apresiasi untuk Wali Kota, pemerintah Kecamatan Pulau Hiri terutama masyarakat yang antusias membantu PT. Telkom menggelar jaringan fiber optic di Pulau Hiri,” kata Lonely.

Menurutnya, kehadiran indihome di Pulau Hiri merupakan mimpi PT. Telkom bagaimana menyukseskan program kerja Wali Kota Ternate.

Lonely berharap, kehadiran indihome dapat memperbaiki kualitas ekonomi, kesehatan dan pendidikan masyarakat di Pulau Hiri.

“Kehadiran indihome di berbagai tempat termasuk di Hiri, adalah untuk kemaslahatan, untuk kebaikan, untuk kemanfaatan masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, Lonely menyatakan, pada tahun 2022 mendatang indihome akan merambah dua pulau lainnya, yaitu Moti dan Batang Dua.

“Mudah-mudahan, kami bisa melanjutkan program ini untuk membangun jaringan di Pulau Moti dan Batang Dua, Insya Allah tahun 2022, Pulau Moti akan kita resmikan juga indihome, insya Allah semua dimudahkan dan dilancarkan,” harapnya. *