Minggu, 14 Juli 2024

DKP Akan Berganti Nama Dinas Perikanan Kota Ternate

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Thamrin Marsaoly | Foto : Nita/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, DKP masuk pada tipe C yang hanya terdapat bidang, yakni 1 Sekretaris dan 2 seksi.

“Di rapat terakhir, putusannya setelah kita mencermati tentang beban kerja, tupoksinya dan wewenang, itu DKP akan masuk di tipe C yang hanya ada dua bidang saja,” kata Thamrin Marsaoly, Senin, 1 November 2021, mengomentari rencana perampingan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

Menurutnya, tipe C merupakan tipe kecil. Apakah ini akan digabungkan dengan dinas lainnya, nanti akan tunggu Peraturan Wali Kota (Perwali).

“Intinya untuk fungsi perikanan tidak dihilangkan, meski urusan pesisir sudah dikembalikan ke provinsi,” ujarnya.

Untuk anggaran yang melekat pada instansi terkait, Thamrin bilang tetap ada dan tidak akan hilang. Apakah itu akan diubah atau digeser, anggaran tetap ada.

“Saya juga mengubah akan stigma bahwa tidak ada Dinas Perikanan dan tidak ada DAK, itu salah besar. Karena DAK itu ada ketika diperuntukan bagi perikanan. Jadi kantornya dirubah dari DKP menjadi Dinas Perikanan saja,” tutupnya.*