Minggu, 14 Juli 2024

Dokumen Pengadaan Breakwater Pulau Hiri Sudah di ULP

Kondisi dermaga Pulau Hiri di Kelurahan Sulamadaha | Foto : Hpost/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Pemerintah Kota (Setkot) Ternate, Yunita Rahman, mengaku sudah menerima dokumen persiapan pengadaan pembuatan talut penahan ombak di Dermaga Pulau Hiri, yang terletak di Kelurahan Sulamadaha dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Saat ini kami sedang melakukan review terhadap dokumen tersebut,” kata Yunita saat ditemui, Senin, 25 Oktober 2021.

Review dokumen persiapan, kata dia, meliputi review spesifikasi teknis/KAK dan gambar, review HPS, review rancangan kontrak dan waktu pelaksanaan pekerjaan.

Setelah dokumen tersebut dinyatakan lengkap, kata dia, Pokja Pemilihan melakukan persiapan pemilihan penyedia.

“Insya Allah hari ini sudah bisa tayang di LPSE,” akunya.

Sebelumnya, pada 20 Mei 2021, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Ternate, Faruk Albaar mengatakan, pergeseran rekening untuk anggaran pembuatan penahan ombak (breakwater) pada jembatan Pulau Hiri di Kelurahan Sulamadaha sudah dilakukan.

Bahkan waktu itu, Faruk mengaku untuk pergeseran rekening dari Dishub ke Dinas PUPR Kota Ternate sudah dilakukan pada saat Burhan Abdurrahman masih menjabat sebagai Wali Kota Ternate dengan total anggaran sebesar Rp850 juta.

Saat diwawancara beberapa bulan lalu, Ia menjelaskan, untuk anggaran Rp850 juta sudah termasuk anggaran perencanaan pembuatan breakwater sebesar Rp 200 juta, kemudian sisanya Rp650 juta dan ditambah dengan anggaran Rp650 juta dari Dinas PUPR, sehingga totalnya sebesar Rp1,3 miliar.

“Sudah digeser dari Dishub ke PUPR, Wali kota waktu itu mendiang Pak Bur,” singkatnya.*