Kamis, 13 Juni 2024

Jelang Pembukaan STQH Nasional di Sofifi, Penumpang Speed di Armada Semut Menyemut

Pelabuhan armada semut Ternate (Foto: Nita/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Aktivitas di Pelabuhan Speed Boat, Armada Semut Mangga Dua, Kota Ternate, padat. Pantauan malut.kaidah.id menyebutkan, antrean panjang terlihat mulai dari jalan sampai ke dermaga. Para calon penumpang itu penuh sesak di pelabuhan itu.

“Jalan juga harus pelan-pelan baru bisa sampai ke speed,” kata Aa Djohra, salah seorang anggota Polantas setempat.

Padatnya warga di pelabuhan speed boat itu, karena mereka hendak ke Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, untuk menyaksikan Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXVI Tingkat Nasional yang akan berlangsung Sabtu mala ini di Masjid Shaful Khairaat.

Kepala Seksi Lalulintas dan Angkutan Laut (Kasi Lala), Muchlis Djunaedy saat dikonfirmasi, mengaku aktivitas warga di pelabuhan Armada Semut sejak pagi sudah terlihat ramai. Bahkan, puncaknya pada pukul 14.00-16.00 WIT, masyarakat yang menyeberang ke Sofifi meningkat hingga 200 persen.

Meski penumpang membludak, tapi Junaidi memastikan kapasitas armada tetap terjaga dan tidak ada penumpang yang naik di atas speed boat.

“Semua terjaga, yang kita khawatirkan, di saat penumpang balik dari Sofifi pada malam nanti usai acara,” kata Junaidi.

Ia menambahkan, untuk operasi pelabuhan speed boat Armada Semut, hanya sampai pukul 19.00 WIT. Jika ada motoris yang melanggar waktu yang ditentukan, itu menjadi tanggungjawab masing-masing.

“Hanya setelah Magrib boleh beroperasi. Kalau lewat, kami tutup, tapi kalau ada yang masih beroperasi, itu tanggungjawab masing-masing, karena itu berkonsekwensi pada jarak pandang di laut. Berbahaya,” tutupnya.*