Minggu, 14 Juli 2024

Pekan Ini 28 Pejabat Eselon II Pemkot Ternate Dilantik. Benarkah?

Ilustrasi pelantikan pejabat | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sempat tertunda hingga beberapa bulan, kini pelantikan 28 pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate segera dilakukan dalam pekan ini.

Menurut salah satu sumber yang enggan namanya dipublis, pelantikan segera dilakukan dalam minggu ini. Bahkan, ia mengaku untuk SK persetujuan pelantikan sudah ada.

“SK dari Kemendagri sudah ada, dan dalam minggu ini ke 28 pejabat eselon II segera dilantik Wali Kota Ternate, kita tunggu saja,” ungkapnya, Senin, 11 Oktober 2021.

Sebelumnya, ke 28 pejabat eselon II ini sudah mengikuti assesment yang digelar pada 12 Juli 2021 lalu.

Berselang satu bulan, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, hasil evaluasi dan uji kompetensi terhadap 28 pejabat sudah disampaikan ke Komisi ASN.

“Sudah disampaikan ke Komisi ASN, jadi kita tinggal menunggu kapan rekomendasinya diterima,” katanya pada Selasa, 31 Agustus 2021 lalu.

Kata Tauhid saat itu, jika rekomendasi itu sudah dikantongi maka proses selanjutnya dilakukan pelantikan, karena nantinya akan di surati lagi ke Kemendagri sesuai dengan prosedur yang ada.

“Dalam bulan ini sudah dilakukan pelantikan,” tegasnya saat diwawancara malut.kaidah.id pada Agustus lalu.

Dikatakannya, pelantikan pejabat eselon II ini dipastikan tetap dilakukan dalam bulan Agustus, namun lagi-lagi pernyataan orang nomor satu di Pemkot Ternate ini meleset.

Maka dari itu, mengacu pada pasal 162 ayat 3 Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) sebagaimana dinyatakan, Gubernur, Bupati, atau Wali Kota yang akan melakukan pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah Provinsi atau Kabupaten atau Kota dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan, harus mendapat persetujuan tertulis menteri dalam negeri. Dengan demikian pelantikan ke 28 pejabat eselon II lingkup Pemkot Ternate sudah tepat, jika dilakukan dalam waktu dekat ini.*