Jumat, 23 Februari 2024

Belasan Muda-mudi Kembali Terjaring Razia

Belasan remaja diamankan Satpol PP di Benteng Orange Ternate | Foto : Fandi/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali menjaring belasan muda-mudi di Kota Ternate, Rabu, 6 Oktober 2021.

Kali ini ke 11 muda-mudi ini tertangkap tangan saat sedang asyik menghisap lem Aha-bond di area Benteng Orange, Kelurahan Gamalama Ternate, Kecamatan Ternate Tengah.

Kepala Satpol PP Ternate, Fandi Mahmud kepada malut.kaidah.id menuturkan, setelah menerima informasi warga, petugas langsung datang ke lokasi mangkap belasa muda-mudi itu.

“Dari informasi masyarakat, kami langsung turun cek ke lokasi dan kami dapati 11 orang sedang isap lem di area Benteng Orange,” tutur Fandi.

Dari 11 orang yang terjaring razia ini, rata-rata masih tercatat sebagai siswa-siswi di SMA dan SMP, dan du orang di antaranya putus sekolah.

“Rata-rata masih sekolah. Ada yang SMP dan SMA. Tapi ada dua orang yang sudah putus sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Ternate, untuk sama-sama melakukan rehabilitasi terhadap muda-muda di bawah umur ini.

“Kami koordinasi  PPPA dan bersama-sama membawa para pelajar ini ke Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara untuk rehabilitasi,” jelasnya.

Meski begitu, ia mengatakan pihaknya hanya bisa melakukan pengamanan di lapangan, karena selebihnya merupakan tupoksi instansi terkait. Sebab, untuk personil Satpol PP di Kota Ternate memang terbatas, sehingga perlu adanya kerja sama dan peran serta masyarakat dan orang tua.

Ia juga mengimbau kepada para orang tua untuk terus melakukan pengawasan kepada anak-anak mereka, agar tidak terjerumus ke hal-hal seperti ini.*