Minggu, 14 Juli 2024

Dispar Kota Ternate Siap Sambut Kontingen STQ XXVI Tingkat Nasional

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly | Foto : Nita/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengungkapkan, sebanyak 37 hotel dan penginapan di Kota Ternate telah dibooking untuk hunian kafilah STQ XXVI Tingkat Nasional.

“Mulai dari hotel Bintang Empat hingga penginapan melati, semuanya sudah full untuk peserta dan pendamping para kafilah STQ dari seluruh provinsi nanti,” katanya, Kamis, 30 September 2021.

Meski Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara telah menyiapkan tempat tinggal bagi para kafilah, tapi, kata Rizal, untuk para pendampingnya pasti akan tinggal di Ternate.

“Itu berdasarkan apa yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Malut, Salmin Janidi yang juga Ketua Panitia STQ Nasional pada saat rapat bersama Gubernur beberapa hari lalu,” kata Rizal.

Bukan hanya hotel dan penginapan, bahkan 167 restoran dan rumah makan serta tempat wisata juga sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

“Hotel, penginapan, restoran, rumah makan itu sudah siap. Tinggal Pemkot melalui Dispar menyurat, untuk bagaimana meningkatkan hospitality atau pelayanan yang baik bagi semua tamu yang akan datang,” terangnya.

Ia juga mengatakan, Pemkot telah mempersilakan Pemprov Malut menggunakan Tourism Information Center (TIC) di Bandara Baabullah sebagai tempat pusat informasi setiap kafilah dan pendamping yang datang ke Ternate.

Ia menambahkan, nantinya Pemkot Ternate melalui Dispar akan nenyiapakan satu unit armada bus pariwisata, yang akan digunakan untuk mengantar para tamu ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota Ternate.

“Destinasi wisata nanti ada Geopark Batu Angus, Pantai Sulamadaha, Jikomalamo, Tolire, Kedaton Kesultanan Ternate, dan beberapa tempat wisata lainnya. Kita Pemkot hanya menyiapakan saja dan membantu dengan ikhlas, karena semua ada EO yang mengatur,” katanya.

Sementara itu, Panitia Pusat STQ XXVI Tingkat Nasional, Kamaruddin Amin menyampaikan peserta yang telah terverifikasi sebanyak 589 peserta dan calon dewa hakim sebanyak 60 orang.

“Untuk persiapan panitia pusat sudah berjalan dengan baik dalam menyambut gelaran STQ Nasional 2021 di Sofifi, Provinsi Maluku Utara,” ungkap Kamaruddin. *