Kamis, 13 Juni 2024

Lambang Pemkot Ternate Bakal Diganti

Logo Makugawene | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Lambang Makugawene yang saat ini digunakan pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate bakal diganti, karena dinilai sangat minim filosofi.

“Lambang Makugawene yang sekarang masih minim filosofi, artinya tidak terlalu banyak menggambarkan karateristik dari daerah sendiri. Sehingga Lambang Makugawene sudah bisa dikaji untuk bisa dilakukan penyesuaian,” jelas Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, Kamis, 30 September 2021.

Menurutnya, wacana pergantian Lambang Pemkot, ada pada karakteristik tujuh nilai dasar yang tertuang di dalam dokumen RPJMD.

Sehingga, lanjut Rizal, itulah yang nanti akan mewarnai lambang baru tersebut.

“Ada tahapan dan fase yang kita buat untuk bisa dorong ke DPRD, untuk dibuat persetujuan dan lain-lain. Paling tidak, setiap lambang yang tertera itu punya makna dan filosofi. Sejauh ini kita melihat belum terlalu kuat menjelaskan city branding di dalam lambang tersebut. Jadi, tidak serta merta dilakukan perubahan,” jelasnya.

Dia bilang, hal ini nantinya bisa ada tarikan, karena nanti bertepatan dengan momentum Finalisasi City Branding (FCB), dimana Kota Ternate sebagai Kota Rempah.

“Nilai dasar sudah ada sebagai perisai. Nanti tujuh nilai dasar dari lambang itu yang menjadi perisai dari pada lambang baru nanti. Sebenarnya filosofi itu ada di Bab II, yang diaktivasi oleh organisasi Pusat Studi Mahasiswa Ternate (Pusmat), Bukusuba Institute dan Keluarga Besar Malamo Ternate (Karamat),” tandasnya.*