Minggu, 14 Juli 2024

Sambut STQ Nasional, Tim Satgas Covid-19 Kota Ternate Perketat Pemeriksaan Sertifikat Vaksin

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Ternate, M. Arif Gani saat diwawancara awak media, Selasa (21/9) | Foto : Nita/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Kota Ternate, M. Arif Gani, akan siaga di Bandara Sultan Baabullah, Pelabuhan Ahmad Yani dan Pelabuhan Semut yang menjadi pintu masuk bagi kafilah STQ Nasional, untuk memeriksa sertifikat vaksin bagi tamu yang datang.

Tim Satgas Covid-19 Kota Ternate juga akan berjaga di sejumlah pusat perbelanjaan, guna memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kota Ternate merupakan kota transit para tamu yang akan mengikuti STQ Nasional di Sofifi pada 14 Oktober 2021 mendatang. Jadi kami akan siaga di bandara dan pelabuhan itu,” katanya.

Dia mengatakan, ada dua kapal di Pelabuhan Ahmad Yani yang akan digunakan oleh tamu setiap hari, kemudian di Pelabuhan Semut ada tujuh unit speed boat yang disiapkan untuk para kafilah.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan STQ Nasional tahun 2021, Kota Ternate yang merupakan kota transit tentunya lebih memperketat prokes dan menjamin keamanan di tempat-tempat keramaian di Kota Ternate.

“Agar para kafilah juga bisa nyaman berbelanja di pusat perbelanjaan di sini,” ujarnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 59 tahun 2021, sambung dia, Tim Satgas juga akan memeriksa sertifikat vaksin bagi siapa saja pelaku perjalanan dari dan ke Kota Ternate.

Menurut Kepala BPBD Kota Ternate ini, langkah ini juga merupakan percepatan vaksin bagi masyarakat.

“Bagi masyarakat yang belum divaksin, diharapkan bisa segera lakukan vaksinasi, sehingga siapa saja yang datang ke Ternate, pastinya sudah divaksin di daerah masing-masing,” tandasnya. *