Jumat, 12 Juli 2024

Tingkatkan kehandalan, PLN UP3 Ternate aktifkan GH Perkim

Tim PDKB melakukan pekerjaan jointing pada percabangan Jaringan Tegangan Menengah (tim/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – PLN mengaktifkan Gardu Hubung (GH) Perkim Kota Ternate, Sabtu, 08 Juni 2024. Hal itu bertujuan untuk memperkuat jaringan listrik yang andal bagi masyarakat Kota Ternate.

Upaya ini pula, merupakan bentuk berkomitmen PLN dalam mendukung pembangunan daerah, dengan penyediaan infrastruktur kelistrikan yang andal.

Turut terlibat dalam pekerjaan itu, di antaranya Assistant Manager Bagian Jaringan dan Konstruksi, Suparman BP, Assistant Manager Perencanaan Hendro Eko Prabowo, Tim K3, serta Tim Elite PDKB dan mitra PLN.

“Selain memperkuat keandalan sistem, GH Perkim juga mengakomodir cepatnya manuver penormalan sistem. Yang artinya dengan adanya GH ini juga, memungkinkan petugas PLN untuk melakukan perawatan, pemeliharaan atau peningkatan pada jaringan distribusi pada kawasan ini, tanpa mengganggu pasokan listrik yang terhubung ke pelanggan” jelas Suparman.

Sementara itu, Assistant Manager Perencanaan Hendro mengatakan, pekerjaan ini dipersiapkan agar GH Perkim dapat mengakomodir Stadion Kie Raha, yang akan aktif dalam waktu dekat seiring dengan Maluku United FC lolos ke Liga 1 Indonesia.

“Kami juga melakukan pemantauan sistem sebelum GH Perkim energize menghasilkan listrik, yang andal bagi masyarakat,” ungkap Hendro.

Paralel dengan aktivasi GH Perkim, pekerjaan Pemeliharaan Jaringan juga dilakukan dengan melakukan penebangan, dan pemangkasan pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik.

Pekerjaan ini rutin dilakukan untuk menghindari kerusakan jaringan, yang dapat mengganggu keandalan sistem ketenagalistrikan.

Seluruh pekerjaan dilakukan dengan kontrol K3 yang ketat, dan menjadi perwujudan PLN Ternate dalam memberikan pelayanan terbaik, dengan berkomitmen pada keselamatan. (*)