Jumat, 23 Februari 2024

DPRD Akan Memanggil Pengembang Lahan Baru di Areal Perumahan Griya Sangaji

Lokasi pemerataan lahan baru di Kelurahan Sangaji | Foto: ss/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Komisi III DPRD Kota Ternate akan memanggil pihak pengembang yang melakukan land clearing lahan di areal Perumahan Griya Sangaji, Kelurahan Sangaji, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.

Komisi III mengaku kesal atas pekerjaan di dekat permukiman warga Perumahan Griya Sangaji itu. Pasalnya, pengerjaan tersebut membuat warga sekitar terganggu. Bahkan, pengerjaan yang sudah berlangsung hampir tiga pekan itu, ternyata tak memiliki izin dari pihak terkait.

“Iya soal keluhan warga di Griya Sangaji, Komisi III sudah melakukan kunjungan ke lokasi,” kata anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlaila Syarif kepada wartawan, Kamis 16 September 2021 di lokasi tersebut.

Menurut Nurlaila, sangat disayangkan, pengembang masih tidak mengindahkan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Kecamatan Ternate Utara dan kelurahan Sangaji.

“Kami meminta pekerjaan land clearing itu segera dihentikan, karena tidak ada izin,” tegasnya.

Jika belum ada izin, kata Nurlaila, pengembang atau pemilik lahan harus menghentikan pekerjaan, sembari memproses perizinan.

“Ada indikasi perusakan lingkungan dan dampak-dampak lainnya,” ujar dia.

Nurlaila mengatakan, dalam waktu dekat akan mengundang pihak pengembang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), untuk meminta pertangungjawaban atas indikasi pelanggaran sejumlah aturan tersebut.

“Kami tidak menghambat pekerjaan pengembang lahan tersebut. Kami hanya melaksanakan fungsi pengawasan dan mengakomodir aspirasi masyarakat, jadi kita bukannya menghambat perkerjaan ini,” tandasnya.*