Sabtu, 18 Mei 2024

Didemo Warga, Yosman Kembali Jabat Lurah Mangga Dua Utara

Kondisi kantor Lurah Mangga Dua Utara yang dipalang warga setempat (Nita/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman akhirnya memenuhi permintaan warga Kelurahan Mangga Dua Utara, dengan mengembalikan posisi Yosman Marsaoly sebagai lurah setempat.

Kembalinya Yosman, lantaran warga setempat menolak kehadiran lurah baru yakni Aisyah Togubu. Penolakan itu pun dibuktikan dengan pemalangan pintu kantor lurah, pada Ahad, 24 Maret 2024 malam.

Sebelumnya, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman melalui Sekretaris Daerah, Rizal Marsaoly telah melantik Yosman Marsaoly sebagai Lurah Gambesi. Pelantikan itu berdasarkan surat keputusan Wali Kota Ternate Nomor: 821.2/KEP/1670/2024.

Sementara Aisyah Togubu sebelumnya menjabat sebagai Lurah Mangga Dua Induk.

Camat Ternate Selatan, Nanang Iriyanto menyebutkan, sesuai dengan yang disampaikan Wali Kota melalui telepon seluler, untuk Lurah Mangga Dua Utara masih tetap Yosman Marsaoly.

“Sementara Aisyah Togubu nanti yang pindah ke Gambesi, pak Wali tadi pesan sampaikan ke pak Sekda dan saya sampaikan ke pak Sekda beliau menyanggupi,” ungkap Nanang, Senin, 25 Maret 2024.

Nanang sendiri memastikan, akan mengawal pernyataan yang telah disampaikan Wali Kota dan Sekda Kota Ternate tersebut.

“Karena pak Wali dan pak Sekda sudah sampaikan pak Yosman nanti tetap kembali kesini, sehingga palang pun bisa dibuka,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Kelurahan Mangga Dua Utara Muhammad Torano mengatakan, pihaknya telah mendapat kabar kalau tuntutan itu sudah dipenuhi oleh wali kota yang menghubungi langsung ke Camat Ternate Selatan.

“Jadi saya tanggungjawab, sehingga palang kantor malam ini kita buka untuk pelayanan, dengan catatan besok pak Yosman sudah dikembalikan,” pungkasnya. (*)