Sabtu, 18 Mei 2024

Festival Ramadan Ma Parada ke-IV Bakal Digelar Selama 10 Hari

Firman Mudaffar Sjah (Ist/Kaidahmalut)

TERNATE. KAIDAH MALUT – Festival Ramadan Ma Parada IV tahun 2024 segera digelar di Kota Ternate. Kegiatan dijadwalkan pada 25 Maret hingga 04 April 2024, di Lapangan Ngara Lamo Ternate.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Buku Bandera Maluku Utara, Firman Mudaffar Sjah yang juga Pembina Festival Ramadan Ma Parada mengatakan, kegiatan kali ini akan dimulai selama 10 hari.

Menurutnya, acara kali ini durasinya lebih panjang dari tahun kemarin yang sebelumnya hanya dilaksanakan selama lima hari.

“Festival Ramadan Ma Parada IV tahun 2024 pada bulan Februari kemarin sudah di-launching dan itu di-support langsung oleh Makin Cakap Digital Kemkomimfo RI,” kata Firman.

Putra mendiang Sultan Mudaffar Sjah itu bilang, kegiatan yang akan dilaksanakan semata-mata untuk menyambut bulan suci ramadan dengan suasana kebatinan, yang penuh dengan keindahan dan kegembiraan. Ini pula, sambung dia, akan diterapkan dalam item keislaman dan dipadukan dengan unsur dan nilai budaya lokal.

Sementara, Project Officier Literasi Digital Provinsi Maluku Utara Safira Denita Royani mengatakan, keterlibatan penuh kampanye Makin Cakap Digital dalam kegiatan FRP ke-IV tahun 2024, sebagai bagian dari upaya untuk terus mendorong animo anak muda, khususnya kalangan Gen Z.

“Nanti untuk berpartisipasi aktif dalam mengkampanyekan empat pilar literasi digital,” kata Safira.

Empat pilar penting tersebut, sambung dia, menjadi wajib diketahui dan dipraktekkan dalam rutinitas keseharian.

“Seperti contoh kita sebagai pengguna aktif berbagai platform digital seperti Youtube, Instagram, Facebook dan TikTok,” pungkas Safira.

Kegiatan ini mengusung tema “Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal” dengan menghadirkan para narasumber Rahman Muhammad/Tete Ko (konten kreator Maluku Utara), Kadis Kominfosandi Ternate Damis Basir, M. Alief Zidane/Pricillia Kharie selaku konten kreator Maluku Utara. Acaranya akan dipandu oleh Rinto Taib.