Sabtu, 18 Mei 2024

Polda Maluku Utara Gelar Operasi Keselamatan Kieraha 2024 Selama 14 Hari

Apel ops keselamatan Kieraha 2024 di Polda Maluku Utara (Ist/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Operasi Keselamatan Kieraha 2024 di Maluku Utara resmi digelar. Giat ini berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai 04 sampai dengan 17 Maret 2024.

Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Samudi mengatakan, Ops Keselamatan tahun 2024 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari.

“Di Maluku Utara, operasi ini dengan sandi keselamatan Kieraha 2024,” kata Samudi saat memimpin apel gelar pasukan Ops Keselamatan 2024 di Mako Polda Maluku Utara, Sabtu, 02 Maret 2024.

Selain apel gelar pasukan, kegiatan juga dirangkaikan dengan deklarasi aksi keselamatan jalan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, diwakili komunitas lalu lintas. 

“Aksi keselamatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang lebih baik,” terangnya.

Operasi keselamatan ini, bertujuan menekan potensi kecelakaan lalu lintas beserta korban fatalitas, mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, meningkatkan disiplin masyarakat dan menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif.

Ia menjelaskan, penindakan operasi yakni mencakup pendekatan preemtif dengan memberikan edukasi, sinergitas forum komunikasi lalu lintas secara terpadu, peningkatan kegiatan turjawali lantas, serta penindakan secara represif dengan aplikasi Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) baik secara statis maupun mobile.

“Saya mengingatkan seluruh jajaran pelaksana operasi untuk menjalankan tugas secara normatif, prosedural, dan menjunjung tinggi etika kepolisian, sehingga operasi ini diharapkan menjadi tolak ukur terciptanya kondisi kamseltibcarlantas menjelang bulan ramadan dan hari raya idul fitri,” tukasnya. (*)