Rabu, 24 April 2024

Areal Parkir Pasar Higienis Dijadikan ‘Ladang’ Retribusi Disperindag Ternate

Lokasi parkir pasar Higienis yang dijadikan tempat berjualan Barito (Cim/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Areal parkir Pasar Higienis, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate Maluku Utara, saat ini dijadikan tempat berjualan bagi pedagang Bawang, Cabai (Rica) dan Tomat (Barito).

Mirisnya lagi, petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, justru melakukan penarikan retribusi terhadap para pedagang di areal tersebut.

Salah satu pengunjung pasar Higienis, Lukman mengatakan, petugas dari dinas terkait semestinya menertibkan para pedagang yang berjualan di tempat parkir, tetapi yang terjadi di lapangan, petugas malah membiarkan dan mengambil retribusi.

Alhasil, pengunjung paar tidak bisa memarkir kendaraannya lantaran terhalang dengan pedagang.

“Petugas harus tertibkan, ini parkiran motor bukan tempat untuk jualan,” ungkap Lukman kepada media ini, Senin, 19 Februari 2024.

Tak hanya lahan parkir, bahkan di sepanjang badan jalan pun, dinas terkait membiarkan pedagang bebas berjualan, sehingga membuat kemacetan arus lalu lintas.

“Di depan pasar Higienis hampir sepanjang jalan mereka berjualan. Kita parkir motor tidak bisa, petugas Disperindag harus bersikap tegas,” timpalnya.

Terpisah, Plt Kadis Perindag Nursidah yang dikonfirmasi mengenai pedagang berjualan di depan pasar Higienis, belum merespons hingga berita ini di publikasikan. (*)