Sabtu, 18 Mei 2024

Wali Kota Ternate Minta OPD Responsif Saat BPK Lakukan Audit

Kantor BPK Malut (Foto: Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman melalui Sekretaris daerah Rizal Marsaoly meminta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), responsif saat dilakukan pemeriksaan pendahuluan oleh BPK Perwakilan Maluku Utara.

“Alhamdulillah tadi kita sudah melalukan rapat entri meeting dengan BPK RI Perwakilan Maluku Utara. Substansi rapat tersebut, untuk mempersiapkan perangkat daerah dalam menyiapkan data yang dibutuhkan tim pemeriksa”, kata Rizal usai rapat bersama BPK di lantai III kantor Wali Kota, Rabu 24 Januari 2024.

Pemeriksaan akan berlangsung selama 30 hari. Sebagian besar OPD pun, sudah memasukkan data dan masih ada juga yang belum.

“Makanya pak Wali Kota meminta kepada pimpinan OPD untuk responsif. Bagaimana apa yang diminta itu, segera disampaikan”, ujarnya.

Nantinya, sambung dia, pemeriksaan pendahuluan itu, barulah BPK akan melihat beberapa item yang jadi fokus pemeriksaan dan yang lebih terpenting adalah pendapatan.

“Makanya, untuk sementara pimpinan OPD jangan dulu keluar daerah. Itu instruksi Wali Kota. Ini dimaksudkan, agar memudahkan teman-teman dari BPK dalam pemeriksaan, baik soal data atau koordinasi lainnya”, tukas Rizal. (*)