Minggu, 19 Mei 2024

Dapat Restu KASN, Wali Kota Ternate Siap Lantik Sekda dan 2 Kadis

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly (Chanox/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pekan depan nanti, Wali Kota Ternate bakal melantik Sekretaris daerah (Sekda) baru dan tiga kepala dinas Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Hal itu berdasarkan 2 rekomendasi KASN, yang telah dikantongi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate.

Rekomendasi untuk jabatan Sekda Ternate Nomor: B-4931/JP.00.00/12/2023, tertanggal 29 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto.

Sementara untuk 3 OPD yakni Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate. Ketiga OPD tersebut berdasarkan rekomendasi Nomor: B-8/JP.00.00/ 01/2024 tertanggal 03 Januari 2024.

“Setelah mendapatkan rekomendasi dari KASN, maka dalam waktu dekat ini bakal dilakukan pelantikan oleh Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman,” kata Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly pada Kamis, 04 Januari 2024.

Meski telah memperoleh rekomemdasi KASN, namun untuk jabatan Dukcapil belum bisa dilantik, lantaran masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada prinsipnya, Samin bilang, Pemerintah Kota Ternate telah melakukan lelang jabatan sesuai prosedur, dengan tujuan agar tidak ada penilaian yang negatif.

“Pelantikan secara definitif Sekda Kota Ternate sebelum 11 Januari 2024, karena kalau lewat dari tanggal tersebut, maka akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa nanti juga ada rolling jabatan bagi yang sudah mengikuti ukom.

“Dan itu tidak lagi menunggu rekomendasi KASN, karena berbeda dengan seleksi terbuka JPT Pratama,” tukasnya. (*)