Senin, 22 April 2024

Beda Pendapat Pembangunan Panggung Kesenian Hiri. Tapi Tetap Lanjut 2022 Mendatang

Kondisi panggung kesenian di Pulau Hiri | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, MALUT KAIDAH – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengungkapkan, pengerjaan pembangunan panggung kesenian di Pulau Hiri, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), bakal dilanjutkan pada 2022 mendatang.

“Anggaran lanjutan pembangunan Panggung Kesenian Pulau Hiri yang sudah terakomodir di APBD Induk 2022 nanti sebesar Rp500 juta. Kami akan lanjutkan pembangunannya, estimasi pekerjaan sekira tiga bulan kalender,” katanya.

Rizal Marsaoly mengatakan, menjadi kewajiban Pemkot Ternate untuk membangun panggung kesenian tersebut, karena itu adalah sarana pendukung aktivitas terutama di bidang kesenian di Pulau Hiri.

“Pembangunan panggung kesenian Pulau Hiri ini perlu, karena pulau itu nantinya menjadi salah daerah tujuan wisata di Kota Ternate.

Meski begitu, Rizal Marsaoly mengakui belum dapat memastikan waktu pembangunannya. Dia hanya dapat memastikan pada 2022 sudah dikerjakan.

Berdasarkan data dari LPSE Kota Ternate, proyek pembangunan panggung ini dilakukan dua tahap. Pagu anggaran pada pembangunan tahap I sebesar Rp424 juta, sedangkan untuk tahap II pagu anggarannya Rp694 juta.

Pembangunan Panggung Kesenian Pulau Hiri tahap I, sudah dimulai pada 2019 silam ketika Samin Marsaoly menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Kota Ternate. Namun, Samin saat diwawancarai malut.kaidah.id, Rabu, 24 Agustus 2021 lalu, beralasan terkendala anggaran yang tidak mencukupi sehingga proyek pembangunan Panggung Kesenian Hiri itu terhenti. Bahkan, Samin juga menyebutkan proses pengerjaan tahap II masuk dalam piutang.

Pernyataan Samin itu berbanding terbalik dengan pernyataan Rizal Marsaoly yang mengaku tahap II bukanlah piutang, sebab proses selanjutnya akan dilanjutkan pada tahun depan.

“Oh tidak, itu bukan piutang, tapi kalau apa yang disampaikan Pak Samin seperti itu, saya tidak paham, saya tidak tahu. Karena yang jelas, mau dikerjakan nanti, adalah sisa dari lanjutan tahap I,” tandasnya. *