Minggu, 14 Juli 2024

Hotel Gaia Ternate Tabrak Aturan Soal Lahan Parkir

Penyekatan lahan parkir di depan hotel Gaia Ternate | Foto: nita/Malut Kaidah

TERNATE, MALUT KAIDAH – Manajemen Hotel Gaia di depan Jatiland Mall, diduga melanggar aturan soal lahan parkir. Mereka menyekat area di depan hotel yang belum beroperasi itu untuk lahan parkirnya sendiri. Warga memprotes, karena merasa terganggu.

Pihak manajemen Hotel Gaia sengaja membuat sekat pada sisi kiri dan kanan area parkir hotel. Padahal untuk area parkir sendiri, tidak bisa dilakukan pembatasan atau penyekatan secara permanen.

Project Manager Hotel Gaia, Irvan, mengaku penyekatan dilakukan berdasarkan surat rekomendasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate.

“Iya ini kami dapat rekomendasinya dari Dishub, untuk dibuat sekat agar parkiran lain tidak mengganggu parkiran hotel,” katanya kepada malut.kaidah.id, Kamis, 2 September 2021.

Kepala Dishub Kota Ternate, Faruk Albaar saat dikonfirmasi via telepon mengaku memberikan rekomendasi, tetapi bukan untuk sekatan permanen, dan hanya menggunakan sekatan biasa, atau sistem buka tutup.

“Saya tara bilang begitu (saya tidak bilang begitu), saya kase izin (saya beri izin) itu, sekat biasa, biar bisa buka tutup, bukan permanen,” akunya.

AKibat penyekatan lahan parkir itu, terjadi perdebatan yang cukup alot antara pengelola hotel, Kasatpol PP, Dishub, Dinas PUPR dan pihak pengembang Jatiland Mall. Pasalnya, Santi selaku Direksi hotel Gaia bersikukuh dan berpegang pada rekomendasi Dishub. Padahal, untuk rekomendasi sendiri hanya bisa dibuat sekat biasa bukan permanen.

Selang beberapa waktu, setelah mendapat instruksi dari Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman agar membongkar penyekatan yang sudah sempat dipasang itu.*