Minggu, 14 Juli 2024
SOFIFI  

Rampung 100 Persen, Pelabuhan Ferry Galala Siap Beroperasi

Ilustrasi Pelabuhan Ferry Galala, Sofifi | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

SOFIFI, KAIDAH MALUT – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad mengatakan, Kamis, 16 Desember 2021 Pelabuhan Ferry Galala, di Sofifi Kecamatan Oba Utara, Tidore Kepulauan dibuka.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXIV Maluku Utara bersama Dishub Provinsi Maluku Utara dan Tikep, PT ASDP, serta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) selaku operator kapal, pengoperasian sudah bisa dilakukan lantaran pengerjaannya sudah 100 persen rampung.

“Pengerjaan Pelabuhan Ferry Galala sudah rampung 100 persen, dan besok sudah mulai beroperasi,” kata Daud, Rabu, 15 Desember 2021.

Untuk daya angkut pelabuhan awalnya hanya kendaraan golongan II hingga IV yang bisa melintas di atas pelabuhan. Tapi setelah direnovasi, kapasitas daya angkut pelabuhan pun bisa dilintasi hingga kendaraan golongan VII.

“Mulai besok, kendaraan golongan VII seperti truk besar sudah bisa melintas. Kami sudah lakukan uji coba dan tidak ada masalah,” terangnya.

Ia menambahkan, selain Pelabuhan Galala, Pelabuhan Penyeberangan Ferry Dowora, Tikep, juga sudah mulai beroperasi besok.

“Pemkot Tikep, khususnya Dishub, dan instansi vertikal yang lain berharap agar masyarakat turut serta menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah ini,” tandas Daud.*