Senin, 22 April 2024
SOFIFI  

Wisata Hutan Mangrove Guraping Resmi Dibuka

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (tengah) didampingi Wakil Wali Kota Bandung, Syahrul Gunawan (kanan) dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (kiri) saat peresmian Wisata Hutan Mangrove Guraping di Sofifi, Senin (18/10) pagi tadi | Foto : Ical/Malut Kaidah

SOFIFI, KAIDAH MALUT – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, resmi membuka Wisata Mangrove Guraping, Sofifi, Senin, 18 Oktober 2021. Gubernur mengatakan, kawasan ekowisata hutan Mangrove Guraping, merupakan salah satu potensi sumber daya alam, yang perlu menjadi perhatian kita semua untuk dapat dikelola dan digunakan secara arif dan bijaksana.

“Saya mengharapkan dukungan semua pihak, baik OPD lingkup Provinsi Maluku Utara, dunia usaha baik BUMN, BUMD, swasta maupun masyarakat Kelurahan Guraping, untuk bersama-sama menjaga, memelihara, dan mengelola kawasan Wisata Hutan Mangrove Guraping ini secara lestari, hingga dapat terus dirasakan manfaatnya bagi generasi yang akan datang,” imbau Gubernur.

Hutan Mangrove Guraping dengan keragaman hayati di dalamnya, baik flora maupun faunanya, biota darat maupun biota lautnya, merupakan kekayaan alam yang patut disyukuri bersama.

“Sebagai wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka pembangunan sarana wisata Hutan Mangrove Guraping ini tetap memadukan tiga aspek sekaligus, yakni konservasi, edukasi dan rekreasi,” jelas Gubernur.

Gubernur KH Abdul Gani Kasuba berharap, keberadaan hutan mangrove di wilayah Provinsi Maluku Utara, termasuk yang ada di Kelurahan Guraping ini, bukan hanya dijadikan sebagai destinasi wisata semata, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengapresiasi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara beserta jajarannya, serta masyarakat Kelurahan Guraping dan sekitarnya. Karena atas komitmen dan kerja kerasnya yang telah berupaya untuk menjaga kelestarian kawasan hutan mangrove guraping sampai saat ini,” katanya.

Meski begitu, ia juga berharap hutan Mangrove Guraping ini, dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Provinsi Maluku Utara, yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Dengan begitu, dapat menarik minat wisatawan lokal, nasional bahkan internasional.

Keberadaan kawasan Wisata Hutan Mangrove Guraping ini, hendaknya dapat memberi akses kepada masyarakat setempat, maupun para pihak dalam mengelola dan mengembangkannya, menjadi salah satu ikon wisata di Kota Sofifi, Ibu kota Provinsi Maluku Utara.

“Agar dapat memberikan manfaat secara ekologis, maupun ekonomi bagi pembangunan daerah yang kita cintai bersama ini,” tutupnya.

Dalam peresmian Wisata Hutan Mangrove Guraping ini, juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan Wakil Wali Kota Bandung, Syahrul Gunawan, yang juga seorang aktor. *