Sabtu, 18 Mei 2024

Siap Jadi Bupati Halmahera Selatan, Agusti Talib Ambil Formulir di 2 Parpol

Tim LO Agusti Talib saat mengambil formulir di DPC Partai Demokrat Halsel (Ist/kaidahmalut)

HALSEL, KAIDAH MALUT – Bakal calon Bupati Halmahera Selatan Agusti Talib, resmi mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah. Agusti mengambil formulir dalam penjaringan di Partai Gerindra, Rabu, 17 April 2024.

Pengambilan formulir Agusti diwakili Liaison Officer (LO), Idham bersama sejumlah tokoh muda Pulau Obi.

Idham kepada awak media menyampaikan, selain Gerindra, Agusti juga mengikuti penjaringan Partai Demokrat.

“Untuk Demokrat, kita ambil formulir langsung kita kembalikan saat itu juga bersama dokumen persyaratan pendaftaran. Jadi nantinya kita langsung daftar dan telah menyelesaikan segala administrasinya,” kata Idham.

Kehadiran LO di kantor Partai Demokrat, diterima langsung Ketua DPC Demokrat Hud Hi Ibrahim, serta ketua dan sekretaris tim penjaringan dan sejumlah pengurus partai berlogo segitiga mercy itu.

Di hadapan ketua dan pengurus partai tersebut, Muhammad Likur Latif, salah satu tokoh Pulau Obi, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran bakal calon bupati Agusti Talib dalam pengambilan Formulir itu.

“Pertama-tama saya menyampaikan permohonan maaf dan salam hormat dari Bapak Agusti Talib kepada ketua dan pengurus DPC Demokrat Halsel karena tidak bisa hadir hari ini, karena sedang berada di Jakarta,” ungkap Likur.

Menanggapi maksud kedatangan tim Agusti, Hud menjelaskan persyaratan dalam formulir pendaftaran di partainya itu tidak terlalu banyak.

“Kalau di Demokrat itu tidak terlalu banyak neko-neko. Hanya KTP, curriculum vitae dan survei kalau ada. Kalau survei itu bisa dimasukkan setelahnya,” terang Hud.

Hud memberikan apresiasi kepada Agusti karena menjadi bakal calon bupati pertama yang mengambil formulir dan langsung melengkapi dokumen pendaftaran di Demokrat. Sementara bakal calon yang lain masih sebatas mengambil formulir pendaftaran saja.

Menurut Hud, seyogyanya pada pengambilan formulir bakal calon bupati harus ikut hadir. Tetapi, lanjutnya, bisa diwakilkan oleh tim jika bakal calon tersebut masih berhalangan.

“Jadi proses ini berkasnya kami terima, jika ada hal yang perlu dilengkapi nanti kami komunikasikan dengan tim dari Agusti Talib,” tuturnya.

Ia bilang, setelah batas waktu pendaftaran nanti, berkas pencalonan yang sudah diverifikasi akan dikirim ke DPP.

“Selanjutnya, bakal calon bupati bisa membangun komunikasi lebih lanjut ke tingkat DPD dan DPP. Salam ke Pak Agusti Talib, semoga dengan mendaftar pertama menjadi awal yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Gerindra Halmahera Selatan Gafar S Tuanany mengatakan, kedatangan tim bakal calon bupati Agusti Talib merupakan sebuah kehormatan bagi partainya.Ia menjelaskan, tim penjaringan Partai Gerindra akan bekerja sesuai petunjuk organisasi yang telah ditetapkan, dengan tidak akan mendiskriminasi dan mengistimewakan salah satu bakal calon dari yang lainnya.

“Tim ini bersifat adhock dan bukan menjadi penentu siapa yang berhak mendapatkan rekomendasi,” jelasnya.

Setelah penutupan penjaringan pada 7 Mei nanti, lanjut Gafar, para bakal calon yang telah mengembalikan berkas akan mengikuti fit and proper test dari pengurus DPD dan DPP.

“Fit and proper test ini juga akan melibatkan akademisi dari Unkhair dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Selanjutnya kalau ada perkembangan informasi dari DPP maka kita akan menyampaikan kepada tim bakal calon secepatnya,” tandas Gafar. (*)