Sabtu, 18 Mei 2024

Berburu Rekomendasi Gerindra Ternate, 4 Balon Ambil Formulir Pendaftaran

Logo Partai Gerindra (Istimewa/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Jelang Pilkada Kota Ternate 2024, partai Gerindra semakin banyak diburu oleh bakal calon wali kota. Pantas saja, pasalnya Gerindra memperoleh 4 kursi di DPRD Kota Ternate.

Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon wali kota, tercatat sudah empat bakal calon wali kota yang mengambil formulir penjaringan balon kepala daerah, di luar balon internal Gerindra.

Keempat balon itu adalah Wali Kota petahana M Tauhid Soleman, Sekretaris Daerah Halmahera Barat M Syahril Abdurradjak, Ketua MPW Pemuda Pancasila Maluku Utara Santrani Abusama, dan anggota DPRD Malut Erwin Umar.

“Yang jelas, yang saya bisa sebut (sudah mengambil formulir penjaringan cawalkot Ternate), Pak Tauhid, Pak Syahril, Pak Erwin. Kemudian Pak Santrani juga sudah daftar,” ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Kota Ternate Jamian Kolengsusu, Senin, 15 April 2024.

Selain empat kandidat itu, Jamian mengaku ada pula beberapa nama dari internal partai seperti Sekretaris DPC Gerindra Kota Ternate Badaruddin Fabanyo, Ike Masita Tunas, dan Thamrin Alwi.

Menurut Jamian, Partai Gerindra sangat terbuka terhadap siapa saja yang hendak mencalonkan diri dengan partai tersebut.

“Mungkin juga ada nilai plusnya sebab keberhasilan kami merebut fraksi utuh, unsur pimpinan, dan kemungkinan juga saat ini Partai Gerindra bakal menjadi partai berkuasa di Indonesia. Itu mungkin bagian dari pengaruh sehingga bakal calon berminat bermitra dengan Gerindra,” jelas Jamian.

Dalam mengusung atau menentukan calon wali kota Ternate ke depan, Jamian mengatakan, tentu melihat misi Partai Gerindra.

“Tolok ukur siapa yang bakal diusung Partai Gerindra tentu melihat visi misi kandidat yang sejalan dengan misi Partai Gerindra,” ujarnya.

“Bisa saja koalisi nasional dia terbawa, bisa saja di daerah yang sesuai kebutuhan dan kondisi mungkin saja berbeda,” sambung anggota DPRD Kota Ternate itu.

Ia menambahkan, pihaknya akan melihat pasca penjaringan cawalkot Ternate yang nantinya akan diusulkan ke DPP Gerindra.

“Di sanalah (DPP) baru digodok, dikaji, dan seterusnya, siapa yang bakal kita usung untuk bertarung di Pilkada Ternate,” tandas Jamian. (*)