Jumat, 24 Mei 2024

Ribuan Ikan Mati di Ternate, Diduga Lantaran Limbah Pabrik Tahu

Ikan mati di pesisir pantai Kelurahan Sasa, Ternate (Vir/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Ribuan ikan mati terdampar di pesisir pantai Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, Maluku Utara, Ahad, 10 September 2023.

Belum diketahui penyebabnya, namun amatan media, ikan-ikan itu mati diduga lantaran limbah. Pasalnya, lokasi kejadiannya tepat di belakang pasar Syariah Sasa yang juga terdapat pabrik tahu dan galangan speedboat.

Salah satu warga setempat mengaku, kejadian tersebut kerap terjadi. Bahkan sudah berulang kali terjadi dalam satu bulan terakhir.

“Puncaknya tadi saat torang (kami) warga berinsiatif membersihkan sampah, dan torang (kami) dapat dengan jumlah yang sangat banyak,” ungkap warga yang enggan namanya dipublis.

Menurut dia, anak-anak sering mengambil ikan mati tersebut lalu dibawa pulang ke rumah. Dikhawatirkan, lanjut dia, ikan itu beracun atau lainnya. Sehingga bisa berakibat fatal bagi yang mengkonsumsinya.

“Dan anak-anak yang bermain di pantai dorang (mereka) tara tau (tidak tahu), jadi sering ambil bawa pulang ke rumah, takutnya dorang (mereka) masak kong (lalu) makan. Ikan yang mati itu torang (kami) di sini biasanya bilang ikan Uhi, Gutila dan lain lagi,” timpalnya.

Sementara itu, Kabid Lingkungan Hidup DLH Kota Ternate, Syarif Tjan dikonfirmasi mengaku belum mendapat laporan baik dari warga, maupun pemerintah kelurahan. Ia baru mengetahui setelah dikonfirmasi awak media.

“Saya belum dapat informasi. Tapi saya akan tindaklanjuti dengan mengecak kondisi di lapangan,” singkatnya. (*)