Rabu, 24 April 2024

Pelari Maluku Utara Irwandi Fokatea Optimistis Raih Medali di PON Papua

Pelari, Irwandi Fokatea saat latihan | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) atletik Maluku Utara (Malut), Bahrin Omamoy, menargetkan atletnya bisa meraih medali pada PON XX di Papua nanti, karena berdasarkan hasil evaluasi atlet cabang atletik yang disiapkan, sangat memuaskan.

“Kami telah melakukan evaluasi untuk bertanding di PON XX Papua. Hasilnya, membuat kami optimistis dapat meraih medali,” ucapnya, Sabtu, 18 September 2021.

Meski hanya satu atlet atas nama Irwandi Fokatea yang diikutkan di PON XX Papua, tetapi ia memastikan atletnya telah mempersiapkan diri secara matang sehingga target meraih medali di PON Papua bisa terwujud.

Irwandi Fokatea akan berlomba untuk nomor lari 1.500 meter putra dan dijadwalkan berangkat ke Papua pada 1 Oktober 2021 nanti.

“Persiapan selama dua tahun untuk bisa berpartisipasi di PON XX Papua, dan hal ini merupakan dorongan kuat, sehingga target meraih medali untuk Malut bisa dicapai,” ujarnya.

Sementara itu, Irwandi Fokatea mengaku lawan yang dianggapnya terkuat adalah Ridwan dari Nusa Tenggara Barat dan atlet DKI Jakarta, Bila Bilano.

Irwandi sendiri, pernah mengikuti POPDA Provinsi Malut mewakili Kota Ternate, dan berhasil menyumbangkan dua Medali Emas untuk Kota Ternate.

Atas prestasi itu, Irwandi langsung ditarik ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sofifi, untuk mengasah kemampuannya di cabang olahraga atletik.

Selain itu, prestasi lainnya pada 2017, Irwandi pernah membawa Malut meraih Medali Emas, kemudian saat mengikuti Kejurnas di Bangka Belitung juga berhasil menyumbang Medali Perak lari jarak 800 meter, serta Medali Emas untuk lari jarak 1.500 meter.

Tak sampai di situ, bahkan ia juga pernah meraih Medali Perunggu tahun 2019 di Kejurnas Bogor untuk nomor lari 800 meter dan 1.500 meter.

Dan kini, dia menjadi satu-satunya alet asal Provinsi Malut untuk cabang atletik di PON Papua 2021 khusus lari jarak 1.500 meter putra. *