Senin, 25 November 2024
Maluku  

PLN UP3 Ambon Gerak Cepat Menuju Nusalaut Atasi Gangguan Kelistrikan

Perbaikan kelistrikan di Nusalaut (Istimewa/kaidahmalut)

MALUKU, KAIDAH MALUT – PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon bergerak cepat menuju ke Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) untuk memperbaiki sistem kelistrikan di kawasan tersebut.

Pasalnya, terjadi gangguan yang mengakibatkan kabel Opstik jebol dari trafo step up ke incoming. Pemadaman sementara pun dilakukan agar proses perbaikan bisa berjalan maksimal.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, kerusakan terdeteksi pada Rabu, 23 Oktober 2024. Di hari yang sama, PLN UIW MMU menurunkan petugas UP3 Ambon untuk segera melakukan perbaikan Sistem Jaringan Distribusi KP. Nusalaut.

“Saat investigasi awal dilakukan petugas lapangan, Kami langsung menurunkan personel PLN UP3 Ambon menuju Nusalaut. Investigas dilanjutkan hingga Kamis pagi. Laporan Kami terima dan memantau setiap perkembangan pengerjaan,” terang Awat, Kamis, 24 Oktober 2024.

Satu unit trafo telah melalui Pelabuhan Waai untuk dikirim menggunakan kapal LCT menuju Nusalaut.

“Diperkirakan pengiriman trafo ini akan tiba di Nusalaut Jumat pagi, dan petugas langsung akan melakukan proses pemasangan dan penginstalan. Sehingga Kami pastikan Jumat malam nanti listrik sudah kembali menyala normal,” ujar Awat.

Adapun gangguan ini turut berdampak terhadap sistem jaringan pada 11 gardu dań 864 pelanggan di Nusalaut. Awat pun meminta masyarakat agar mendukung petugas melakukan proses pengerjaan agar seceparnya listrik bisa remblai menyala normal.

Awat juga mengingatkan pelanggan PLN untuk memanfaatkan SuperApp PLN Mobile. Sebab, aplikasi PLN Mobile ini memberikan banyak kemudahan dan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.

“Terutama bagi pelanggan yang ingin melaporkan terkait gangguan kelistrikan. Laporan akan diteruskan ke Command Center dan petugas terdekat akan diturunkan ke lokasi pelapor dan dipantau real time,” sebut Awat.

Tidak hanya itu, kebutuhan kelistrikan seperti pemasangan baru, pembelian token dan tambah daya, juga tersedia layanan internet dan seluruh kebutuhan kendaraan listrik.

Menurut dia, pelanggan bisa mengakses seluruh layanan kelistrikan hanya dalam satu genggaman melalui PLN Mobile. (*)