Sabtu, 18 Mei 2024

Begini Cara Sultan dan Wali Kota Ternate Sambut Lailatul Qadar

Pemasangan obor induk di kedaton Ternate (Wahyudi/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Tepat di malam ke 27 Ramadan, Sultan Ternate Hidayatullah M Sjah bersama Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, menyambut malam Lailatul Qadar.

Penyambutan itu ditandai dengan menyalakan obor induk, dalam tradisi ela-ela di depan Kedaton Kesultanan Ternate, Sabtu, 06 April 2024.

Prosesi menyalakan obor ela-ela berlangsung sekitar pukul 19.20 WIT. Sebelum obor dinyalakan, salah satu perangkat adat Kesultanan Ternate memimpin doa bersama.

Rangkaian lainnya dari proses tradisi ini yaitu Kabasarang Uci (Penurunan sejumlah benda pusaka Kesultanan Ternate) menuju Masjid Sigi Lamo Kesultanan Ternate bersama Sultan yang turun melaksanakan salat Isya dan taraweh berjamaah.

Wali Kota M Tauhid Soleman mengatakan, malam ela-ela di Ternate merupakan salah satu tradisi dalam menyambut malam Lailatul Qadar. Tradisi ini lazimnya digelar tepat pada malam 27 Ramadan.

“Tradisi ini harus tetap dijaga, dipelihara karena memiliki nilai-nilai agama dan adat di Kesultanan Ternate,” kata Tauhid.

Di samping itu, hampir seluruh kelurahan di Kota Ternate menyambut malam Lailatul Qadar dengan berbagai kegiatan.

Wali Kota Tauhid Soleman pun dijadwalkan membuka kegiatan Festival Ela-Ela Ramadan 1445 Hijriah, yang dilaksanakan secara kolaboratif bersama 6 Kelurahan di Kecamatan Ternate Utara.

Kelurahan-Kelurahan yang melaksanakan Festival Ela-Ela di antaranya yaitu Kelurahan Dufa Dufa, Kelurahan Tubo, Kelurahan Tafure, Kelurahan Tabam, Kelurahan Sango, dan Kelurahan Tarau. (*)