Jumat, 14 Juni 2024

Ketua Ansor Tidore Nyaleg, Soepriadi: Ini Jalur Pengabdian Saya

Soepriadi Halim Syabuddin, Caleg PDIP Dapil 1 Tidore dan Tidore Timur (Ist/Kaidahmalut)

Meski baru di dunia politik dan perdana ikut caleg. Namun, kapasitas Soepriadi menahkodai Ansor selama belasan tahun, patut diperhitungkan.

Sebut saja, Soepriadi bersama Ansor kerap melakukan pendampingan bagi masyarakat yang bermasalah, dan selalu turun memperjuangkan kepentingan masyarakat.

“Saya hanya mau bilang, kalau mau ini jadi, ya kita harus bersama-sama dan bergandengan tangan,” ucapnya.

Apa yang akan diperjuangkan Soepriadi, jika terpilih nanti?

“Ada fenomena yang cukup menggelitik pikiran,” ucap Soepriadi sembari tersenyum.

Jika terpilih nanti, ada lima hal yang menjadi visi misinya untuk didorong secara kolektif. Di antaranya mendorong keselarasan pemda dengan DPRD. Negara memberikan ruang bagi DPRD melalui reses dengan tujuan menyerap aspirasi masyarakat yang kemudian diserap menjadi pokok-pokok pikiran (pokir).

“Di situlah yang dibutuhkan keselaran. Bagaimana memposisikan dengan benar, agar lembaga dan pemerintah harus setara,” jelasnya.

Kedua, mendorong dengan benar fungsi DPRD dengan baik mulai dari anggaran, pengawasan dan legislasi. Tiga fungsi tersebut, biasanya di level yang paling praksis tidak berjalan dengan maksimal. Misalnya, perda yang dibuat tidak disosialisasikan. Padahal itu menyangkut kepentingan masyarakat. Begitu pula dengan anggaran yang tidak besar lalu dibuat efisien.

Ketiga, membangun komunikasi dengan pemda dan generasi milenial. Keempat, soal demografi terlebih anak-anak muda, dan kelima mendorong pelaku UMKM yang ada di Tidore. (*)